Pengaruh Kepuasan Siswa terhadap Harga dan Produk Kantin SMA Negeri 3 Kediri

Authors

  • Yesy Kusumawati Universitas Kahuripan Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i1.494

Abstract

Kesuksesan pengelolaan kantin sekolah dapat diukur dengan melihat kepuasan pengguna layanan kantin sekolah.  Selain guru dan karyawan, kantin sekolah adalah tempat favorit siswa untuk tempat berkumpul di pada waktu istirahat di luar jam belajar.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhapat harga dan produk kantin sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.  Pelaksanaan penelitian di SMAN 3 Kota Kediri dengan sampel sebanyak 100 orang responden yang diambil secara acak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan kuisioner dengan alat analisis SPSS 20.  Untuk menguji keabsahan dan kehandalan kuisioner menggunakan uji validitas dan realibilitas. Sedangkan pengujian variabel menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas.  Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dimana diperoleh persamaan regresi Y = –1,051 + 0,211X1 + 0,426X2.  Dari penelitian ini ditemukan (1). secara simultan variabel harga (X1) dan variabel produk  (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan siswa (Y) SMA Negeri 3 Kediri. (2)  secara parsial variabel harga (X1) variabel produk (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan siswa SMA Negeri 3 Kediri.(3) variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan siswa di kantin SMA Negeri 3 Kediri adalah variabel produk

Kata Kunci : Harga, Produk, Kepuasan siswa, Kantin sekolah

References

Akmal, Nikmat. 2016. Perbedaan Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di Unit Produksi / Kantin Tata Boga PKK Unimed Berdasarkan Jenis Kelamin. Diakses pada http://digilib.unimed.ac.id/938/ pada 5 Agustus 2019
Amir, M. Taufiq. Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2005.
Depdiknas. 2007. Manajemen Layanan Khusus: materi diklat pembinaan kompetensi calon kepala sekolah/kepala sekolah). Jakarta.
Eka, Zuwesti. Determinan Kepuasan Konsumen Unit Usaha Darma Wanita Persatuan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2018. Diakses pada http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/8845 pada 5 Agustus 2019
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25(9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro
Indriyani, Friska dan Dzulfan Muhamad. Hubungan antara Kepuasan Mahasiswa dengan Kantin Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Diakses pada https://www.academia.edu/36568902/HUBUNGAN_ANTARA_KEPUASAN_MAHASISWA_DENGAN_KANTIN_FAKULTAS_EKONOMI_DAN_BISNIS pada 5 Agustus 2019
Irawan, Handi. 2009. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Elek Media Komputindo
KBBI, 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Diakses pada : http://kbbi.web.id/pusat, pada 4 Agustus 2019
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran Buku 1. Jakarta : Erlangga
Kurniawati, Rahayu Dwi & Setiyo Budiadi. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafetaria Srikandi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. 2016. Diakses pada http:// jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/10987/54/article.pdf pada 5 Agustus 2019
Kustiyoasih, Mustika. 2016. Penyelenggaraan Makanan dan Kepuasan Konsumen di Kantin Lantai 2 Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Diakses pada https://e-journal.unair.ac.id/MGI/article/view/4358 pada 5 Agustus 2019
Nababan, H. (2012) Keamanan Pangan di Kantin Sekolah. Jakarta : Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM RI
Nasution, M. Nur. Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia Indonesia Bogor. 2005
Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3. Yogyakarta : Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi Offset

Downloads

Published

2021-07-10