Analisis Tingkat Kepuasan Siswa terhadap Kantin SMA Negeri 3 Kediri

Authors

  • Yesy Kusumawati Universitas Kahuripan Kediri
  • Choirul Hana Universitas Kahuripan Kediri

Abstract

Kantin sebagai salah satu media layanan di sekolah berfungsi memenuhi penyediaan makanan, minuman, dan sebagai tempat untuk berkumpul bagi para siswa, guru, maupun karyawan di dalam lingkungan sekolah.  Agar kantin bisa berkembang dengan baik, maka pengelola kantin harus bisa menerapkan strategi, inovasi, dan meningkatkan kualitas kantin.  Salah satu cara untuk dapat mengukur tingkat keberhasilan usaha kantin adalah dengan melihat tingkat kepuasan siswa.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fasilitas, varian makanan, petugas, dan harga di kantin mempengaruhi tingkat kepuasan siswa SMA Negeri 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.  Pelaksanaan penelitian di SMAN 3 Kota Kediri Jawa Timur dengan sampel sebanyak 100 orang responden yang diambil secara acak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan kuisioner dengan alat analisis SPSS 21.  Untuk menguji keabsahan dan kehandalan kuisioner menggunakan uji validitas dan realibilitas. Sedangkan pengujian variabel menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas.  Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dimana diperoleh persamaan regresi Y = –1,051 + 0,211X1 + 0,426X2 + 0,444X3 + 0,329X4.  Dari penelitian ini ditemukan (1). secara simultan variabel fasilitas (X1), variabel varian makanan (X2), variabel petugas (X3) dan variabel harga  (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan siswa (Y) SMA Negeri 3 Kediri. (2)  Hasil analisis regresi berganda terbukti bahwa secara parsial variabel fasilitas (X1), variabel varian makanan (X2), variabel petugas (X3) dan variabel harga  (X4) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan siswa SMA Negeri 3 Kediri.(3) variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan siswa di kantin SMA Negeri 3 Kediri adalah variabel petugas.

References

Akmal, Nikmat. 2016. Perbedaan Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di Unit Produksi / Kantin Tata Boga PKK Unimed Berdasarkan Jenis Kelamin. Diakses pada http://digilib.unimed.ac.id/938/ pada 5 Agustus 2019
Amir, M. Taufiq. Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2005.
Depdiknas. 2007. Manajemen Layanan Khusus: materi diklat pembinaan kompetensi calon kepala sekolah/kepala sekolah). Jakarta.
Eka, Zuwesti. Determinan Kepuasan Konsumen Unit Usaha Darma Wanita Persatuan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2018. Diakses pada http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/akuntabilitas/article/view/8845 pada 5 Agustus 2019
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25(9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro
Indriyani, Friska dan Dzulfan Muhamad. Hubungan antara Kepuasan Mahasiswa dengan Kantin Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Diakses pada https://www.academia.edu/36568902/HUBUNGAN_ANTARA_KEPUASAN_MAHASISWA_DENGAN_KANTIN_FAKULTAS_EKONOMI_DAN_BISNIS pada 5 Agustus 2019
Irawan, Handi. 2009. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Elek Media Komputindo
KBBI, 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Diakses pada : http://kbbi.web.id/pusat, pada 4 Agustus 2019
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran Buku 1. Jakarta : Erlangga
Kurniawati, Rahayu Dwi & Setiyo Budiadi. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafetaria Srikandi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. 2016. Diakses pada http:// jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/10987/54/article.pdf pada 5 Agustus 2019
Kustiyoasih, Mustika. 2016. Penyelenggaraan Makanan dan Kepuasan Konsumen di Kantin Lantai 2 Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Diakses pada https://e-journal.unair.ac.id/MGI/article/view/4358 pada 5 Agustus 2019
Nababan, H. (2012) Keamanan Pangan di Kantin Sekolah. Jakarta : Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM RI
Nasution, M. Nur. Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia Indonesia Bogor. 2005
Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3. Yogyakarta : Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi Offset

Downloads

Published

2020-11-09

Most read articles by the same author(s)