Analisis Kepuasan Siswa Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Sma Negeri 3 Kota Kediri
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) Apakah unsur-unsur layanan yang terdiri dari fasilitas, koleksi, dan pustakawan mempengaruhi kepuasan siswa terhadap layanan perpustakaan SMA Negeri 3 Kediri? (2) Variabel manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan siswa dalam hal layanan di perpustakaan SMA Negeri 3 Kediri? Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Kediri dengan responden sebanyak 40 siswa kelas XII. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Uji validitas menggunakan product moment pearson dengan hasil semua butir pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner dalam penelitian ini adalah valid. Sedangkan uji realibilitas menggunakan Cronbach Alpha dengan hasil semua variabel reliabel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program statistic SPSS for window versi 23. Hasil penelitian diperoleh persamaan Unstandardized Coefficients Y = -0,700+0,231X1+0,326X2+0,288X3+e dimana memberikan gambaran semakin meningkatnya faktor fasilitas, koleksi, dan pustakawan maka semakin mempengaruhi besarnya tingkat kepuasan siswa dan Standardized Coefficients diperoleh persamaan Y = 0,323X1+0,472X2+0,426X3+e dimana dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variabel koleksi. Dari hasil analisis regresi berganda terbukti bahwa Variabel Fasilitas (X1), Variabel Koleksi (X2), Variabel Pustakawan (X3) pada siswa kelas XII secara serempak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Variabel Kepuasan Siswa (Y). Secara parsial variabel fasilitas, variabel koleksi dan variabel pustakawan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan siswa. Saran penulis untuk perpustakaan SMA Negeri 3 Kediri perlu melakukan pembenahan di koleksi bahan pustaka. Pembenahan terkait kelengkapan koleksi dan keterbaruan koleksi terutama koleksi buku non teks pelajaran. Perawatan buku perlu dilakukan mengingat banyak sekali buku yang belum tersampuli atau rusak sampulnya. Selain itu penataan buku sesuai dengan kode klasifikasi buku perlu dilakukan untuk mempermudah pencarian buku.
Kata kunci : kepuasan, pelayanan, perpustakaan