Peran Koperasi Sekolah Di Bidang Ekonomi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 3 Kediri

Authors

  • Yesy Kusumawati Universitas Kahuripan Kediri
  • Choirul Hana Universitas Kahuripan Kediri

Keywords:

Koperasi Sekolah, Kewirausahaan, Kurikulum Merdeka

Abstract

Salah satu tema dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka adalah kewirausahaan. Koperasi sekolah sebagai salah satu contoh pengelolaan kewirausahaan yang ada di sekolah bisa dijadikan contoh kongkrit berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan koperasi sekolah dalam bidang ekonomi dalam praktik kewirausahaan kurikulum merdeka di sekolah.  Koperasi sekolah dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada diri siswa dan koperasi sekolah menjadi contoh praktik pengelolaan kewirausahaan bagi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif.   Pendekatan deskriptif kualitatif  adalah penelitian yang mendeskripsikan permasalahan yang ada, melakukan pengamatan di lapangan, melakukan analisis dan  kemudian berupaya melakukan teorisasi berdasarkan pengamatan tersebut. Hasil penelitian menyatakan bahwa koperasi sekolah SMA Negeri 3 Kediri sudah menerapkan 4 dari 5 peranan koperasi dalam bidang ekonomi.  Satu peranan yang belum terlaksana adalah dalam pengembangan motode bagi hasil yang adil dimana keuntungan diberikan kepada sekolah

References

Kemdikbud (2021) Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995

Yohan Arif Wahyudi (2016). “Partisipasi Siswa Pada Koperasi Sekolah Untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha di SMK Negeri 1 Malangâ€. Skripsi. UIN Malang.

Abubakar Rusydi. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Sonny Sumarsono. 2003. Manajemen Koperasi Teori & Praktek. Jakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2024-04-30

Most read articles by the same author(s)