Strategi Pemasaran Susu Sapi Perah di Peternakan Sapi Kedunglo Kediri

Authors

  • Titin Trimintarsih Universitas Wahidiyah Kediri
  • Yesy Kusumawati Universitas Kahuripan Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i2.899

Keywords:

Strategi Pemasaran, susu sapi

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan konsumsi susu sapi makin meningkat,
Yayasan Pondok Pesantren Kedunglo Al-Munadhoroh menangkap peluang usaha
tersebut dengan memelihara sapi perah sebanyak 27 ekor sapi, yang terdiri dari 11 ekor
sapi produktif, 6 ekor sapi mengandung dan 10 ekor sapi anakan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi lingkungan internal sebagai kekuatan dan kelemahan serta
lingkungan eksternal sebagai peluang dan ancaman bagi peternakan sapi Kedunglo.
Serta merumuskan strategi alternatif pemasaran yang dapat diterapkan oleh peternak guna
meningkatkan hasil guna dan daya guna dengan Judul Strategi pemasaran Susu Sapi
Perah di Peternakan Sapi Kedunglo Kediri, menggunakan analisi SWOT. Hasilnya
disarankan bahwa peternakan sapi perah Kedunglo berada di Kuadran 1 perlu
menerapkan strategi yang mendukung strategi agresif. Formulasi strategi pemasaran yang
digunakan adalah meningkatkan pemasaran, dengan penetrasi pasar melalui promosi,
pengembangan pasar yang luas, serta startegi pengembangan produk melalui inovasi serta
diversifikasi terkait. Apabila pengelola peternakan melakukan strategi tersebut,
diharapkan pemasarannya makin luas dan lebih dikenal masyarakat.

References

David, Fred R ,2016, Manajemen Strategis Edisi 15, Jakarta, Penerbit

Salemba.

Eko Putro Widoyoko, 2013, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian,

Yogyakarya, Pustaka Belajar

Gemilang, F, 2022, Pengantar Bisnis, Padang , GET Press

Kotler, Philip and Kevin Jane Keller, 2016, Marketing Management, 15th

Edition, Pearson, Pretice Hall, New Jersey

Levia dan Erfan ,2019, Formulasi Strategi Pemasaran Susu Sapi Perah

Pada Kelompok Peternak Dusun Toyomerto Kota Batu, Malang,

Universitas Brawijaya.

Mandaka, S dan M.P. Hutagoal , 2005, Analisis Fungsi Keuntungan ,

Efisiensi Ekonomi dan Kemungkinan Skema Kredit Bagi

Pengembangan Skala Usaha Peternakan Sapi Perah Rakyat, J .Agro

Eko. 23 (2): 191-208

SK Dirjen Peternakan no 17 tahun 1983

Downloads

Published

2022-10-31

Most read articles by the same author(s)