Pengaruh Pelayanan, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Pada Baznas Sumut
DOI:
https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i2.498Abstract
Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui secara simultan dan parsial variabel pelayanan, promosi dan kepercayaan terhadap minat membayar zakat muzakki pada Baznas Sumut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 muzakki yang dipilih secara accidental sampling. Pengumpula data menggunakan kuesioner serta analisis data dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar zakat muzakki pada Baznas Sumut. Kemudian promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar zakat muzakki pada Baznas Sumut serta epercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar zakat muzakki pada Baznas Sumut. Sedangkan secara simultan pelayanan, promosi dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar zakat muzakki pada Baznas Sumut.
References
Aningsih, I. (2019). Pengaruh Pendapatan, Citra Lembaga, Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membayar Zakat Maal Laz-Uq Jombang. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 99–109.
Chaniago, N. S. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Kuliah Pada Politeknik Unggul LP3M. JIPI, 2(1), 38–50.
Fadli, M. R. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Zakat, Pendapatan Dan Kepercayaan Muzakki Terhadap Minat Pelaku Umkm Untuk Membayar Zakat Niaga Di Organisasi Pengelola Zakat Kota Bengkulu. Jurnal Akuntansi, 11(1), 67–80.
Fadli, N. M. Z. F. A. (2020). Analysis Of Impact Factors On College Decisions On Private College Lecture In Medan City. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 9(3), 18–24.
Hamzah, Z., & Kurniawan, I. (2020). Pengaruh Pengetahuan Zakat Dan Kepercayaan Kepada Baznas Kabupaten Kuantan Singingi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(1), 30–40. https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(1).5114
Indawati Lestari; Nasib, S. C. A. S. A. ; I. E. (2019). Trust Identification And Smartphone Purchase Decisions (Structural Equation Modeling Approach). In International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET) (Vol. 10, pp. 1020–1032).
Ismail, R. K. D. A. R. W. I. K. R. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Filantropis Zakat (Muzakki) Pada Lembaga Amil Zakat Di Kota Ambon. Religi: Jurnal Studi Agama-Agama, 16(1), 79–96. https://doi.org/10.14421/rejusta.2020.1601-05
Lubis, I. L. S. C. N. Z. F. Z. R. D. D. S. (2020). The Role of Switching Barrier to Become Intervening Variables between Brand Image and Trust on User Loyalty Halal Labeled Cosmetics. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(3), 13352–13359.
Manilet, U. E. C. I. Y. A. A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intesi Muzakki Dalam Membayar Zakat Di Lembaga. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 05(1), 39–58.
Ningsih, N. I. L. K. N. C. H. A. W. (2020). Online Shopping the Satisfaction through Perceived Quality and It ’ s Impact On Customer Loyalty. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 9(3), 56–61.
Nur, E. M. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat. Ai-Muqayyad, 3(2), 126–135.
Pospos, A. F. F. (2018). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Pengusaha Warung Kopi Membayar Zakat Di Baitul Maal Kota Langsa. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(2), 155. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i2.1096
Rakhmania, N. A. (2018). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Kepercayaan Dan Pengetahuan Terhadap Minat Muzakki Mengeluarkan Zakat Melalui Lembaga Amil Zakat Di Kota Malang. Universitas Brawijaya.
Ramadhan, H. A. A. (2021). Pengaruh Pemahaman , Trust , Dan Transparansi Lembaga Zakat Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat Pada BAZNAS Kabupaten Luwu. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(2), 1–15.
Ridlwan, N. P. S. A. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Donatur Membayar ZIS Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 64–71.
Rusdianto, P. (2016). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Religiusitas terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa. Universitas Islam Negeri Syarif Hidaahtullah.
Setiawan, D. A. (2018). Analisis Faktor Relegiusitas, Kepercayaan Dan Kesadaran Diri Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Di Kota Surakarta. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Sofiyani, I. (2019). Analisis Pengaruh Citra Lembaga, Kualitas Pelayanan Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Muzaki Membayar Zakat Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. IAIN Salahtiga.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yunus, M. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Religiusitas Dan Kontribusi Terhadap Minat Pedagang Mengeluarkan Zakat Di Baitul Mal (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar LOS Lhokseumawe). At-Tawassuth, 1(1), 95–124.
Zikriyah, Y. (2017). Pengaruh Tingkat Kesadaran masyarakat Kelurahan Lenteng Agung Terhadap Implementasi Zakat Profesi Tahun 2017. UIN Syarif Hidayahtullah Jakarta. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758
Zulfahmi, M. M. N. (2018). Pengaruh Pengetahuan , Pendapatan, dan Kepercayaan, Terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat Di Baitul Mal Kota Lhoksemawe. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 01(3), 89–99.