Upaya Membangun Kepuasan Pelanggan Dengan Layanan, Lokasi Dan Fasilitas

Authors

  • Ahmad Fadli STIE Mahkota Tricom Unggul
  • Debora Tambunan STIE Mahkota Tricom Unggul
  • Roni Juliansyah STIE Mahkota Tricom Unggul
  • Wasiman Wasiman Universitas Putera batam
  • Zakia Fadila Politeknik Unggul LP3M

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i1.482

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  layanan, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Rekso National Food. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu karyawan PT. Rekso National Food yang berjumlah 87 responden  sedangkan teknik penentuan dengan accidental sampling. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan variabel lokasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta variabel fasilitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian secara simultan layanan, lokasi dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Rekso National Food.

Keywords: 

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  layanan, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Rekso National Food. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu karyawan PT. Rekso National Food yang berjumlah 87 responden  sedangkan teknik penentuan dengan accidental sampling. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan variabel lokasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta variabel fasilitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian secara simultan layanan, lokasi dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Rekso National Food.

Keywords: Layanan, Lokasi, Fasilitas, Kepuasan

Lokasi, Fasilitas, Kepuasan

References

DAFTAR PUSTAKA
Amelia, Nasib; Ratih. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Kampus Terhadap Loyalitas Mahasiswa Mengikuti Program MGM (Member Get Member) Melalui Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening.” Abdi Ilmu 1(1): 121–33.
Chaniago, Nasib; Sabaruddin. 2018. “Pengaruh Bauran Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Kuliah Pada Politeknik Unggul LP3M.” JIPI 2(1): 38–50.
Durianto, D. 2013. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek Edisi 10. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Etta Mamang Sangaji Dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi.
Fadli, Nasib; Martin; Zahri Fadli; Ahmad. 2020. “Analysis Of Impact Factors On College Decisions On Private College Lecture In Medan City.” International Journal of Business and Management Invention (IJBMI) 9(3): 18–24.
Herwan Nafil, Nasib. 2019. “Optimalisasi Kepuasan Pelayanan Dan Komunikasi Pada Supermarket Mr. Ben Medan.” Juranl Ekonomi Dan Kebijakan Publik 4(2): 111–18.
Indawati Lestari; Nasib, Sabaruddin Chaniago; An Suci Azzahra ; Ihsan Effendi. 2019. “Trust Identification And Smartphone Purchase Decisions (Structural Equation Modeling Approach).” In International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET), , 1020–32.
Kurbani, Adie. 2017. “Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah Pada Universitas PGRI Palembang.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 13(4): 23.
Lestari, Nasib Indawati, Khairatun Nazah, Cici Handayani, and Ayu Wirda. 2020. “Online Shopping the Satisfaction through Perceived Quality and It ’ s Impact On Customer Loyalty.” International Journal of Business and Management Invention (IJBMI) 9(3): 56–61.
Loindong, Nicklouse Christian Lempoy; Silvya L. Mandey; Sjendry S.R. 2015. “Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Taman Wisata Toar Lumimuut (Taman Eman) Sonder.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3(1): 1072–83.
Lubis, Sri Eka Wulandari; Amrin Fauzi; Arlina Nurbaity. 2019. “Pengaruh Brand Image, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Politeknik Unggul LP3I Medan Kampus Medan Baru.” Journal of Management Review 3(3): 369–78.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Nasib. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Kola Renan Bengawan Solo Pangkalan Brandan).” Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis 18(1): 30–44.
———. 2019a. “Optimalisasi Personal Selling, Lokasi Dan Harga Dalam Meningkatkan Keputusan Mengikuti Program Kepemilikan Rumah KPR Tipe 36.” Jurnal Mantik Penusa 3(1): 14–20.
Nasib, Maya Syahlina; 2019b. “Pengukuran Kepuasan Pengguna Kereta Api Indonesia (Persero) Medan Melalui Fasilitas Dan Pelayanan.” Abdi Ilmu 12(2): 51–57.
Nirmalasari, Indwati Lestrai; Nasib; 2019. “Determinant of Customer Relation Management Towards Minimarket Customers in Medan City.” Journal of Business and Management (IOSR-JBM) 21(10): 45–52.
Selamet, Fuji Santoso; Rois Arifin; Afi Rachmat. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014-2016 Universitas Islam Malang.” e – Jurnal Riset: 41–49.
Tjiptono, F. 2013. Strategi Pemasaran, Ed. 3. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
———. 2014. Pemasan Jasa - Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. Yogyakarta.
Yuri; Rahmat Nurcahyo. 2013. TQM Manajemen Kualitas Total Dalam Perspektif Teknik Industri. Jakarta: PT. Indeks.
Yuriansyah, Auli Lucky. 2013. “Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Management Analysis Journal 2(1): 8–14.

Downloads

Published

2021-04-30