Implementasi Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Hotel Grand Surya Kediri

Authors

  • Misbakhul Mujektahit Universitas Kahuripan Kediri
  • Rini Ratna Nafita Sari

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i1.532

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan konsep pemasaran di era digital yang dilakukan oleh manajemen Hotel Grand Surya Kediri dalam upaya untuk meningkatkan penjualan. Pemilihan objek penelitian yaitu Hotel Grand Surya Kediri ini karena Hotel Grand Surya merupakan Residential Hotel Bintang 4 di Kota Kediri dan terletak di tengah Kawasan Pusat Bisnis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi dan wawancara dengan informan, sedangkan data sekunder diperoleh dari brosur dan majalah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan langkah-langkah seperti yang dikemukakan oleh Spradley (1980), yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, analisis tema.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hotel Grand Surya Kediri menerapkan strategi pemasaran digital yang sangat membantu hotel dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Strategi pemasaran digital tersebut antara lain, channel manager, hotel website, instagram, dan whatsapp bisnis. Strategi pemasaran digital ini sangat mempengaruhi tingkat penjualan karena pihak konsumen lebih menyukai melakukan pemesanan kamar melalu media online. Berdasarkan temuan penelitian, maka peneliti mengemukakan beberapa saran sebagai bahan masukan untuk manjeman Hotel Grand Surya Kediri kedepanya, yaitu sistem resesrvasi website hotel harus lebih di permudah dalam lagi dalam formulir data dan juga pilihan pembayaran agar tidak kalah saing dengan media reservasi online travel agent. Selain itu, sebaiknya hotel memperbanyak kerjasama dengan online travel agent.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Era Digital,

 

Downloads

Published

2021-07-26