Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Menabung Nasabah Di BPRS Lantabur Tebuireng Cabang Gresik
Keywords:
digital marketing, brand,WOM, minatAbstract
Berdasarkan fenomena data jumlah nasabah yang terjadi pada tahun 2018-2021 diperoleh bahwa pada tahun 2020 terjadi penurunan jumlah nasabah tabungan yang diakibatkan oleh adanya virus covid-19 dengan meningkatkan strategi dibidang pemasaran yakni digital marketing, brand image, dan word of mouth. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui pengaruh secara parsial variabel digital marketing terhadap minat menabung. Variabel brand image pengaruh secara parsial terhadap minat menabung, variabel word of mouth pengaruh secara parsial terhadap minat menabung. Digital marketing, brand image, dan word of mouth secara simultan berpengaruh terhadap minat menabung nasabah BPRS Lantabur Tebuireng Cabang Gresik. Jenis penelitian ini dengan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini yaitu nasabah BPRS Lantabur Tebuireng Cabang Gresik, sampel yang di ambil sebanyak 95 responden. Penarikan responden melalui purposive sampling. Dengan menggunakan alat analisis data yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan uji determinan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel digital marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat menabung. Brand image menunjukkan pengaruh signifikan dan positif terhadap minat menabung, variabel word of mouth) memiliki pengaruh signifikan positif terhadap minat menabung nasabah, digital marketing, brand image, dan word of mouth secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap minatmenabung.
Kata kunci: , brand image,word of mouth, minat menabung
References
Andrianto dan Firmansyah, Anang. (2019). “Manajemen Bank Syariahâ€.Surabaya: CV Penerbit Qiara Media.
Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, Strategy,Implementation and Practice. England: Pearson Education Limited.
Damyan Ryan, Calvin Jones, “Marketing Strategies for Engaging The Digital Generationâ€, (London: Kogen Page, 2009), hlm. 31
Daga, Rosnaini. (2017). “Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelangganâ€.Gowa: Global Research and Consulting Institute.
Elida, Tety dan Raharjo, Ari. (2019). “Pemasaran Digitalâ€. Bogor: PT. Penerbit IPB Press.
Firmansyah, Anang. (2019). “Pemasaran Produk dan Merekâ€. Surabaya: CVPenerbit Qiara Media.
Ghozali, Imam. (2016). “Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSSâ€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasan, Ali. (2010). â€Marketing.dari. Mulut Ke Mulutâ€. Yogyakarta: Media Pressindo.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2016).“Marketing Management 15th Editionâ€. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. (2006). “Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Keduaâ€. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Noor, Juliansyah. (2011). ‘’Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah’’. Jakarta: Kencana, 2011.
Rangkuti, Freddy. 2009, Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Riadi, Edi. (2016). “Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS)â€.Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Ryan, Damyan and, Jones, Calvin. (2009). “Marketing Strategies for Engaging The Digital Generationâ€. London: Kogen Page.
Sitorus, Onny Fitriana dan Utami, Novelia. (2017). “Strategi Pemasaranâ€. Jakarta:FKIP UHAMKA.
Subagyo, Pangestu dan Djarwanto. (2005). ‘’Statistika Induktif Edisi Kelima’’.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Sugiyono. (2018). “Metode Penelitian Bisnis Edisi ke 3â€. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2018). “Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,Kombinasi, dan R&Dâ€. Bandung: CV Alfabeta.
Syahrum dan Salim. (2014). “Metodologi Penelitian Kuantitatifâ€. Bandung:Citapustaka Media.
Winardi, J. (2005). “Enterpreneur dan Enterpreneurshipâ€. Jakarta: Prenada Media. Jurnal
Bilgin, Yusuf . (2018).“The Effect Of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyaltiâ€. Vol 6. No. 1. http://dx.doi.org/10.15295/bmij.v6il.229 diakses pada tanggal 31 Maret 2022 pukul 18:04
Hendri dan Setiawan, Roy. (2017). “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Samudra Bahari Utamaâ€. Vol. 5, No. 1
Ilmiyah, Luluk., dkk. (2018). “Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabelâ€. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 5, no. 1. 105–115.
Janna, Nilda Miftahul dan Herianto, H. (2021). "Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSSâ€. https://doi.org/10.31219/osf.io/vgj52 diakses pada 13 April 2022 pukul 20:40
Khotimah, Nurul. (2018). “pengaruh religiusitas, kepercayaan, citra perusahaan, dan sistem bagi hasil terhadap minat nasabah menabung dan loyalitas di bank syariah mandiri". (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Gresik). Jmm17 Vol. 5. No. 01. hlm. 40
Paputungan, Olive Mariana dkk. (2021) “Pengaruh Lokasi Bank Rakyat Indonesia
Kantor Cabang Pembantu Unit Inobonto Terhadap Minat Nasabah untuk Menabungâ€. Vol. 1. No. 1. hlm. 12.
Prabowo, Willy Andrian. (2018). “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Tiga di Jawa Timurâ€. Vol 12. No. 2. hlm. 102. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112 diakses pada tanggal 21 Maret 2020 pukul 17:14 WIB
Pradiani, Theresia. (2019) “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahanâ€. Vol 11. No. 2. hlm. 47.
Pratiwi, Yuli Rahmi. (2020) “Pengaruh Word Of Mouth Communication terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Boardgame Lounge Smart Café Pekanbaruâ€. Vol. 4. No. 1. hlm.7
Putri, Yulia et al. (2019). “Strategi Meningkatkan Minat Menabung Di Bank Syariah Melalui Penerapan Religiusitasâ€. Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa 16. No. 1. hlm. 50
Saputra, Gede Wisnu dan Ardani, I Gusti Agung Ketut Sri.’ (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian’, Vol. 9, No. 7, hlm. 25.
Sugesti, Puutri dan Hakim, Luqman. (2021). “Peran Religiusitas Dalam Memoderasi Disposable Income Dan Pengetahuan Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariahâ€. Vol 5. No. 1. hlm. 50.
Yulia Putri et al., ''Strategi Meningkatkan Minat Menabung Di Bank Syariah Melalui Penerapan Religiusitas'' Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa 16, no. 1 (2019), hlm. 82
Zainullah., dkk. (2021). “Pengaruh Word Of Mouth dan Promosi terhadap Minat Menabung Anggota di KSPS BMT Sidogiri Cabang Pamekasanâ€. Vol 4 No. 2. hlm. 320. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7419 diakses pada tanggal 4 Maret 2022 pukul 13:23