Corporate Social Responsibility (CSR) Pada UMKM AM Bakery Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar
Keywords:
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Penerapan, Usaha Mikro Kecil dan MenengahAbstract
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu strategi perusahaan dalam membangun reputasi yang diharapkan dapat menciptakan hubungan timbal balik dengan stakeholder. Penerapan CSR dapat menambahkan dan meningkatkan citra pada perusahaan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui CSR yang dilakukan oleh UMKM Pia AM Bakery Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di UMKM Pia AM Bakery Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Data penelitian menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara secara langsung kepada pemilik UMKM, karyawan UMKM, dan masyarakat sekitar UMKM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CSR oleh UMKM Pia AM Bakery dilakukan ke dalam 3 kategori atau disebut dengan triple bottom line (3P) terdiri dari people, planet, profit. Pada kategori ekonomi, UMKM Pia AM Bakery dapat membantu perekonomian masyarakat dengan cara merekrut tenaga kerja dari masyarakat sekitar UMKM. Pada kategori lingkungan, penanganan limbah dilakukan dan dimanfaatkan secara baik dan bahkan menguntungkan. Dan pada kategori sosial, UMKM Pia AM Bakery mampu memberikan kenyamanan kerja terhadap karyawannya dan memberikan sumbangan ke masyarakat sekitar UMKM.
References
Adnyani, Niluh Putu. 2019. Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Dan Penelitian Kinerja Manajer Produksi (Studi Kasus Pada Pabrik Putri Panda). Universitas Negeri Surabaya Kampus Ketintang. Surabaya.
Damayanti, Novita. Dkk. 2018. Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Sido Muncul Tbk. Jurnal Pustaka Komunikasi. Vol. 1 No.2. hlm. 277-288. https://journal.moestopo.ac.id. (Diakses pada 7 Juli 2022).
Fatdillah, Umul. 2019. Analisis Implementasi Corporate Socia Responsibility (CSR) Dalam Menunjang Kinerja Keuangan Dan Kinerja Non Keuangan UMKM (Studi pada UMKM Tahu Taqwa GTT Kota Kediri). Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Habibah, Umi. 2016. Implementasi Corporate Social Responsibility: Aspek Prioritas Dan Perlibatan Stakeholders Pada PT. Tirta Investama Keboncandi Pasuruan. Skripsi. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang.
Hamdani. 2020. Mengenal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lebih Dekat. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Labetubun, dkk. 2022. CSR Perusahaan “Teori dan Praktis Untuk Manajemen Yang Bertanggung Jawabâ€. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Mega, Siti Zahara Nur, dkk. 2015. Pelaksanaan CSR PT. Yakult Indonesia Persada Dalam Upaya Pemberdayaan Yakult Lady Di Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung. Vol. 3 No. 3 hlm. 292-428. http://jurnal.unpad.ac.id (Diakses pada tanggal 24 Juni 2022).
Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muzakynur, Irvan Maulana. 2021. Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Untuk Pelestarian Lingkungan Hidup Terhadap Pemanfaatan Limbah Industri Perspektif UU No.32 Tahun 2009 Dan Fiqh Al-Bi’ah. Skripsi. Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Oscar, Bhebeb. Diah, Sumirah. 2019. Pengaruh Groming Pada Customer Relations (CRC) Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Astra International TBK Toyota Sales Operation (Aunto2000) Pasteur Bandung. Jurnal Bisnis dan Pemasaran. Vol. 9 No. 1. https://ejurnal.poltekpos.ac.id (Diakses pada tanggal 24 Juni 2022).
Risa, Yulia. Marwenny Elwidarifa. 2018. Implementasi Tangguung Jawab Sosial Perusahaan PT. Tirta Investama Danone Aqua Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Kanagarian Batang Barus Kayu Aro Kabupaten Solok. Jurnal Cendekia Hukum. Vol. 4 No. 1. https://media.neliti.com (Diakses pada tanggal 22 Juni 2022).
Rohendi, Rohidi Tjetjep. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Syamsinar. 2016. Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Gru) Di Kabupaten Gowa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.
Sovani, Jesi Trilia. Dkk. 2016. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Merek, Kepercyaan Merek Dan Loyalitas Merek (Survey pada Masyarakat Sekitar PT. Tirta Investama Desa Keboncandi, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan). Universitas Brawijaya. Malang.
Tin, Se. Hidayat, Taufik. 2012. Analisis Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Kinerja Manajer Pusat Laba di Warung Paskal Bandung. Jurnal Akuntansi. Vol. 4 No.2 hlm. 187-199. https://media.neliti.com. (Diakses pada 5 Juli 2022).