Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Visibilitas Merchant di Marketplace

Authors

  • Wahid Wahid Universitas Megarezky
  • Awaluddin Awaluddin Universitas Syekh Yusuf Al-Makassari Gowa
  • Ririn Mardhani Syakur Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.51158/9kgxsy82

Keywords:

Pemasaran, SEO, Visibilitas

Abstract

Pemasaran digital merupakan strategi yang kini banyak digunakan untuk memaksimalkan kinerja usaha, internet yang semakin mudah diakses memberikan peluang untuk mengoptimalkan fungsi teknologi dalam meningkatkan visibilitas produk dan toko, yang pada akhirnya dapat mendorong frekuensi penjualan produk, pemilik usaha dapat menerapkan banyak strategi untuk meningkatkan pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai jenis strategi yang dapat digunakan dalam meningkatkan visibilitas produk dan toko. Dengan menggunakan systematic literature review, penelitian ini menganalisis 12 paper yang semulanya adalah 15.600 artikel dengan menggunakan deductive reasoning. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi yang umumnya digunakan meliputi maksimalisasi platform e-commerce, media sosial, dan SEO, sedangkan secara fisik pembuatan banner dan penanda merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas toko. Penelitian ini menjelaskan bahwa literasi digital merupakan salah satu tantangan untuk menggunakan teknologi dalam kegiatan usaha, dengan demikian upaya yang dapat dilakukan adalah melibat praktisi, dan akademisi dalam pelatihan dan workshop untuk pemberdayaan masyarakat yang mengarah pada peningkatan literasi digital masyarakat.

References

Agit, A., Wahyu, A. R. M., Octavianty, O., Abbas, S. A., & Sunarta, D. A. (2024). Implementation Of Technology In Developing Entrepreneurship And Innovation. JURNAL EKBIS, 25(1).

Agit, A., Wildayanti, W., & Oktavianty, O. (2024). Efektivitas Penggunaan Transaksi Digital Dalam Menunjang Kinerja Bisnis. Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan, 6(2), 88-97.

Ananda, T. A., Dewi, N. K., & Saleh, M. Z. (2023). Fenomena perubahan strategi pemasaran dalam menghadapi tantangan di era digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(4), 98-107.

Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), 155-166.

Anggraini, D. P. V., & Khoirotunnisa, F. (2025). Edukasi Pemanfaatan Fitur Iklan Produk Shopee Untuk Meningkatkan Visibilitas Produk Seller di Era Pasar Digital. Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 91-102.

Arief, M. H., Ramadhany, E. D., Wirayudha, A. F., & Arifin, I. F. (2023). Implementasi Digital Marketing Melalui Periklanan Media Sosial Untuk Mendukung Visibilitas Produk Umkm. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7381-7389.

Ayuningrum, T., & Sulthony, Z. M. (2024). Strategi Optimalisasi Search Engine Optimization (SEO) untuk Meningkatkan Visibilitas Produk Lembaga Keuangan Syariahdi Internet. Al-Musyarakah: Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 75-93.

Meyliana, A., Rapiyanta, P. T., Indriyanti, I., & Safitri, L. A. (2024). Pemanfaatan Media Digital Untuk Meningkatkan Visibilitas dan Brand Awareness Wisata Edukasi. BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 1-11.

Muhimmah, K., & Rofiki, M. (2021). Strategi Pemasaran Online Shop: Upaya Untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Istiqro, 7(2), 203-219.

Novianti, D., & Alamsyah, A. (2023). Improving Sales Rate Through Social Media Marketing Strategy for Small Business. ANALISIS, 13(1), 167-180.

Nuzula, A. F., Phamungkas, A. B., Silva, A. A., Mutamimah, A. N. O., & Fadhilah, A. N. (2024). Meningkatkan Visibilitas Online UMKM: Pendampingan Pemanfaatan Akun Google Bisnis sebagai Alat Pemasaran untuk Hace Craft Desa Bandar Lor, Kota Kediri. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 101-106.

Oktavianty, & Alamsyah. (2023). Strategi Penguatan Brand Image Produk Melalui Social Media Marketing Pada Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 62-69.

Oktavianty, O., & Agit, A. (2023). Penerapan Penggunaan E-Payment Sebagai Upaya Peningkatan Adaptabilitas UMKM Terhadap Transformasi Digital. DEDIKASI PKM, 4 (2), 232.

Oktavianty, O., Agit, A., & Nur, N. (2024). Studi Reflektif Terhadap Kapabilitas Literasi Digital Dalam Menunjang Kinerja Bisnis di Era Digital. JURNAL EKUIVALENSI, 10(2), 294-308.

Oktavianty, O., Wahid, W., Farhan, A., & Alamsyah, A. (2022). Impact Of E-Marketing In Supporting MSMEs After Covid-19 Pandemic. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 1-7.

Paramita, A., Oktaviyah, N., & Syachbrani, W. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran Digital yang Efektif bagi UMKM Fruitamintz dalam Meningkatkan Visibilitas dan Jangkauan Konsumen. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 332-336.

Ramadhani, N., & Febriana, P. (2024). Meningkatkan Visibilitas Merek untuk Warung Makan di Indonesia melalui Pelatihan Fotografi dan Pembuatan Katalog Digital. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(2), 1-10.

Rosyidah, U. A., & Warisaji, T. T. (2024). Pelatihan Digital Marketing dan Optimasi Media Sosial Untuk Meningkatkan Visibilitas UMKM. Journal of Community Development, 5(2), 258-266.

Sabela, N. Y., & Pudjoprastyono, H. (2024). Pentingnya Banner Dan Petunjuk Arah Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Visibilitas UMKM" Batik Broyo". Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 744-749.

Seputra, K. A., & Pradnyawati, N. L. P. E. (2024). Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Visibilitas dan Penjualan UMKM: Studi Kasus di KWT Kuncup Mekar. Jurnal Manajemen dan Ekonomi (JME), 2(1), 31-40.

Silaen, K., Bachtiar, L. E., Silaen, M., & Parhusip, A. (2024). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Lokal Diera Online. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(3), 1072-1079.

Sugiyanti, L., Rabbil, M. Z., Oktavia, K. C., & Silvia, M. (2022). Strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan UMKM. Masarin, 1(2), 100-110.

Tandean, D. P., Wahyudi, G., Yap, J., Djifri, R. A., & Ningsih, R. Y. (2024). Strategi Fadil Jaidi dalam Meningkatkan Visibilitas Produk melalui Endorsement dan Teknik Pemasaran terhadap Followersnya. JUMBIWIRA: Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 3(2), 01-17.

Terania, B. R., Lestari, T. D., Dwiyanti, A., Mubarokah, N. L., Fadhiliya, L., & Setiaji, C. A. (2024). Sosialisasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Visibilitas Penjualan Produk Besek Di Dusun Krajan Sekuning RT 02 RW 01, Desa Redin, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 236-246.

Wahid, W., Agit, A., & Eka Ramadhani, S. (2023). Peran Dompet Digital dalam Meningkatkan Kualitas Keuangan UMKM Menuju Era Society 5.0. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 26-34.

Wardana, A. A., Hanum, M. A., & Hamdani, F. (2025). Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Pembuatan Website Umkm Pada Era Digital Dengan Menerapkan Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Visibilitas Umkm Desa Karangpranti Di Mata Publik. Jurnal Pengabdian UMKM, 4(1), 10-15.

Downloads

Published

2025-05-10