Pengendalian Kualitas Pada Divisi Outgoing Quality Control (OQC) Business Unit Air Conditioner PT. Panasonic Manufacturing Indonesia

Authors

  • Abdurrahman Bajili Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Risma Fitriani Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Quality Control, Outgoing Quality Control , AC Panasonic, Metode Sampling; Inspeksi

Abstract

PT Panasonic Manufacturing Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang elektronika rumah tangga seperti AC, kulkas, mesin cuci, dll. Tujuan penelitian di PT PMI adalah untuk mengetahui prosedur kerja Departemen Quality Control khususnya pada divisi Outgoing Quality Control (OQC), memahami proses quality control yang dilakukan, serta mengetahui keterkaitan antara ilmu yang diperoleh dengan situasi kerja nyata. Pengendalian kualitas oleh OQC dilakukan melalui monitoring, controlling dan improving. OQC melakukan inspeksi produk jadi sebelum dikirim ke pasar dengan metode sampling. Hasil inspeksi kemudian dievaluasi dan dianalisis untuk melakukan perbaikan kualitas secara berkelanjutan. Dapat disimpulkan bahwa sistem dan prosedur pengendalian kualitas OQC sudah sesuai dengan standar ISO. OQC memegang peranan penting dalam memutuskan layak atau tidaknya produk AC Panasonic untuk dikirim ke pasar.

 

References

Assauri, S. (1998). Manajemen Produksi (4th ed.). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Bakhtiar, S., Tahir, S., & Hasni, R. A. (2013). Analisa Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC). Malikussaleh Industrial Engineering Journal, 2(1), 29–36. https://103.107.186.27/miej/article/viewFile/26/17%0Ahttps://www.mendeley.com/catalogue/090dd3e8-7ab9-3d9d-a098-98a8f093fd2a/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=ope

Gunawan, H. I. (2015). PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK AIR CONDITIONER PANASONIC MODEL CU/CS-YN5RKJ DENGAN METODE COMPETITIVE BENCHMARKING (STUDI KASUS DI PT. PANASONIC MANUFACTURING INDONESIA). Jurnal PASTI, VIII(2), 266–275.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Mitra, A. (2008). Fundamentals of Quality Control and Improvement. John Wiley & Sons, Inc.

Nasution. (2004). Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia Indonesia.

Sinha, M. N., & Willborn, W. O. (1985). The Management of Quality Assurance. John Wiley & Sons, Inc.

Yamit, Z. (2013). Manajemen Produksi dan Operasi. Ekonesia.

Downloads

Published

2024-04-30