Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Switching Cost Sebagai Variable Mediasi

Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Switching Cost Sebagai Variable Mediasi

Authors

  • Ratna Dwi Jayanti STIE PGRI DEWANTARA
  • Nurul Hidayati STIE PGRI DEWANTARA

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.653

Abstract

Loyalitas secara umum dapat diartikan sebagai kesetiaan konsumen terhadap suatu produk barang atau jasa tertentu dan tertarik untuk melakukan pembelian ulang produk yang sama dari perusahaan yang sama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen, kepercayaan konsumen terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh kepuasan konsumen, kepercayaan konsumen dan switching costs terhadap switching costs pelanggan, switching costs pelanggan memediasi pengaruh kepuasan konsumen dan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas. Terdapat pengaruh positif signifikan kepuasan konsumen terhadap switching cost. Terdapat pengaruh positif signifikan kepercayaan konsumen terhadap switching cost. Terdapat pengaruh positif tidak signifikan kepuasan konsumen terhadap loyalitas. Terdapat pengaruh positif signifikan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas. Terdapat pengaruh positif signifikan switching cost terhadap loyalitas. Switching cost dapat menjadi mediasi antara kepuasan dan loyalitas dengan bentuk mediasi penuh (full mediation). Switching costs dapat menjadi mediasi antara kepercayaan dan loyalitas dengan bentuk mediasi sebagian (partial mediation)

References

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta
Apriyanti, A., & Setyowati, H. (2021). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Dengan Switching Cost Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Konsumen Minyak Kayu Putih Cap Lang) Di Kota Madiun. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 4(2), 150-162.
Astini, R. (2008). Mediasi dan Pengaruh Switching Cost terhadap Loyalitas Pelanggan. The Winners, 9(2), 161-179.
Burnham, Thomas A. et al. (2013). Consumer Switching Cost: A Typology, Antecedents, and Consequences. Academy of Marketing Science
Ishak, A., & Luthfi, Z. (2011). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas: Studi tentang peran mediasi switching costs. Jurnal siasat bisnis, 15(1).
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran dalam Perpektif Modern. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Alih bahasa: Imam Nurmawan. Jakarta: Erlangga
Moorman, C., R. Deshpande, & G. Zaltman. (1993). Factors Affecting Trust in Market Research Relationships. Journal of Marketing, January, Vol. 57, No.1, pp. 81-101.
Nisa, H. A., Farida, N., & Dewi, R. S. (2013). Pengaruh Kepercayaan Merek, Switching Cost, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada pengguna ponsel Nokia pada mahasiswa FISIP Universitas Diponegoro angkatan 2010 sampai 2012). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Oliver, RL. 2010. Satisfaction: A behavior perspective on The Consumer. USA. McGraww-Hill Companies, Inc
Umar, Husein. 2008. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2022-04-19