Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Guardian Grand

Authors

  • Nur Iswati Universitas Putera Batam
  • Triana Ananda Rustam Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.652

Abstract

Dalam perputaran era yang semakin modern, membuat pelaku bisnis meningkatkan daya persaingan dalam bisnis. Salah satu pelaku bisnis yaitu Guardian merupakan ritel farmasi yang bergerak di bidang kesehatan dan kecantikan. Tujuan dari penelitian ini supaya dapat menemukan pengaruh potongan harga, promosi penjualan, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Guardian Grand Batam Mall. Teknik sampel yang dipakai ialah simple random sampling dimana menggunakan penyebaran kusioner ke 204 responden yaitu pengunjung yang berbelanja ke Guardian Grand Batam Mall. Analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS 25. Penelitian menghasilkan tingkat signifikan potongan harga sebesar 0,006 < 0,05, promosi penjualan menghasilkan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, dan kualitas pelayanan tingkat signifikannya 0,000 < 0,05 yang berarti nilai signifikan ketiga variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dan berpengaruh simultan potongan harga, promosi penjualan, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen.

Kata kunciPotongan Harga, Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

References

DAFTAR PUSTAKA
Agisnawati, A. 2021. PENGARUH DISKON, PROMOSI, DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PEMBELIAN PRODUK PADA ONLINE SHOP (Studi Kasus Konsumen Online Shop).
Ananda, D. 2021. Pengaruh Potongan Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Go-Jek Pada Mahasiswa Univeristas Muhammadiyah Sumatera.
Dr.Methiana Indrasari. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan.
Haryoko, U. B., and V. L. D. Pasaribu. 2020. “PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA FIRMAN DEKORASI (WEDDING ORGANIZER).” POINT: Jurnal Ekonomi 2 NO.1.
Hidayati, M. M. Aprihatiningrum, and W. O. Sifatu. 2021. Loyalitas Dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik. books.google.com.
Manalu, O. 2019. “ANALISA PERAMALAN PENJUALAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. CAKRA ANUGERAH ARTA ….” Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan.
Sarie, Rena Febrita. 2018. “Analisis Pengaruh Keberagaman Produk, Persepsi Harga, Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Hypermartket Pakuwon Supermall Di Surabaya.” Relasi : Jurnal Ekonomi 14(2):149–69. doi: 10.31967/relasi.v14i2.269.
Supma, E. 2018. Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Distro Bibox Store Di Kota Berastagi). repositori.usu.ac.id.
Susilo, H., A. T. Haryono, and M. Mukeri. 2018. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel ….” Journal of Management.

Downloads

Published

2022-04-27