ANALISIS KEPUTUSAN PESERTA DIDIK MEMILIH PENDIDIKAN VOKASI DI LP3I NGAWI
DOI:
https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i1.434Abstract
Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di era modern ini semakin terbuka yang membuat pribadi dengan skill yang tidak cukup untuk bekerja akan menjadi pengangguran. Pendidikan vokasi disusun untuk mempersiapkan peserta didik dengan skill yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan dunia kerja.Untuk menarik minat calon peserta didik, bagian pemasaran mempunyai beberapa modal seperti program keahlian (X1) yang dibutuhkan oleh industri, prospek lulusan (X2), accessibility (X3) untuk menuju lokasi, harga dan cara pembayaran (X4), dan fasilitas (X5) yang mendukung penyelenggaraan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel – variabel tersebut pada keputusan peserta didik dalam memilih LP3I Ngawi (Y) Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik LP3I Ngawi yang berjumlah 138. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dan questionnaire. Dan dianalisa secara regresi.Hasil penelitian menunjukan bahwa prospek lulusan berpengaruh paling signifikan pada keputusan peserta didik memilih LP3I Ngawi (Y). Diikuti oleh program keahlian yang mempunyai signifikansi berpengaruh kedua. Kemudian diikuti harga atau biaya pendidikan, fsilitas dan accessibility mempunyai pengaruh yang tidak begitu signifikan akan tetapi tetap menjadi perhatian peserta didik.
References
Badan Pusat Statistik Kabupataen Ngawi. 2018. Kabupaten Ngawi Dalam Angka. CV Azka Putra Pratama. Ngawi.
Bly, Robert W. 2004. Webster’s New World™ Letter Writing Handbook Wiley Publishing, Inc., Indianapolis, Indiana
Eko Indrajit dan Djoko Pranoto.2006. â€Manajemen Perguruan Tinggi Modernâ€, Penerbit Andi, Yogyakarta
Hair et al. (1998). Multivariate Data Analisis with Readings. Fifth Edition. Prentuce-Hall International.
Hasyim, Rina Anindita. 2007. Preferensi Calon Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. FORUM ILMIAH INDONUSA ♦ VOL 4 NO 1, JANUARI 2007. Hlm. 54 – 59.
Kotler and Armstrong, Philips and Gary. 2006. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi ke 12. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philips. 1999. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Edisi Revisi. PT. Prehalindo. Jakarta
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Moleong, Lexy. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Murwanto Sigit. 2018. Marketing syariah sebagai jiwa bisnis. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding. Vol. 1, 2018, 146-152
Pagita, Hariwan. Rhea, Peggy. 2015. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Tempat Kursus Bahasa Inggris Di Bandung (Studi Pada Siswa/i SMA di Kota Bandung). e-Proceeding of Management : Vol.2, No.3 Desember 2015. Hlm. 377 – 384
Peraturan Pemerintah nomor 52 tahun 2016,
Santana, Septiawan. 2007. Menulis Ilmiah Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Yayasan Indonesia.
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta
Sumber Internet:
Ardiansyah, 2019, Pengertian Preferensi Konsumen. https://guruakuntansi.co.id/preferensi-konsumen/ dilihat pada 2 desember 2019.
Data perguruan tinggi di Kabupaten Ngawi. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index51.php?level=3&kode=050911&id=0 dilihat 9 Desember 2019
_____, 2020, Profil Program Pendidikan LP3I, https://www.lp3i.ac.id/