ANALISIS KEPUTUSAN PESERTA DIDIK MEMILIH PENDIDIKAN VOKASI DI LP3I NGAWI

Authors

  • Siswanto Siswanto Delta Praja Internusa Group
  • Supawi Pawenang Universitas Islam Batik Surakarta
  • Ida Aryati Dyah Purnomo Wulan Universitas Islam Batik Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i1.434

Abstract

Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di era modern ini semakin terbuka yang membuat pribadi dengan skill yang tidak cukup untuk bekerja akan menjadi pengangguran. Pendidikan vokasi disusun untuk mempersiapkan peserta didik dengan skill yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan dunia kerja.Untuk menarik minat calon peserta didik, bagian pemasaran mempunyai beberapa modal seperti program keahlian (X1) yang dibutuhkan oleh industri, prospek lulusan (X2), accessibility (X3) untuk menuju  lokasi, harga dan cara pembayaran (X4), dan fasilitas (X5)  yang mendukung penyelenggaraan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh  variabel – variabel tersebut pada keputusan peserta didik dalam memilih LP3I Ngawi (Y) Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik LP3I Ngawi yang berjumlah 138. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dan questionnaire. Dan dianalisa secara regresi.Hasil penelitian menunjukan bahwa prospek lulusan berpengaruh paling signifikan pada keputusan peserta didik memilih LP3I Ngawi (Y). Diikuti oleh program keahlian yang mempunyai signifikansi berpengaruh kedua. Kemudian diikuti harga atau biaya pendidikan, fsilitas dan accessibility mempunyai pengaruh yang tidak begitu signifikan akan tetapi tetap menjadi perhatian peserta didik.

References

Arif Julianto Sri Nugroho, Sarwono Nursito. 2019. Pengukuran Preferensi Stakeholder Eksternal Terhadap Citra Perguruan Tinggi Swasta. Research Fair Unisri 1 Vol 3, Number 1, Januari 2019. Hlm. 28 – 40.

Badan Pusat Statistik Kabupataen Ngawi. 2018. Kabupaten Ngawi Dalam Angka. CV Azka Putra Pratama. Ngawi.

Bly, Robert W. 2004. Webster’s New World™ Letter Writing Handbook Wiley Publishing, Inc., Indianapolis, Indiana

Eko Indrajit dan Djoko Pranoto.2006. ”Manajemen Perguruan Tinggi Modern”, Penerbit Andi, Yogyakarta

Hair et al. (1998). Multivariate Data Analisis with Readings. Fifth Edition. Prentuce-Hall International.

Hasyim, Rina Anindita. 2007. Preferensi Calon Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. FORUM ILMIAH INDONUSA ♦ VOL 4 NO 1, JANUARI 2007. Hlm. 54 – 59.

Kotler and Armstrong, Philips and Gary. 2006. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi ke 12. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philips. 1999. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Edisi Revisi. PT. Prehalindo. Jakarta

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, Lexy. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Murwanto Sigit. 2018. Marketing syariah sebagai jiwa bisnis. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding. Vol. 1, 2018, 146-152

Pagita, Hariwan. Rhea, Peggy. 2015. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Tempat Kursus Bahasa Inggris Di Bandung (Studi Pada Siswa/i SMA di Kota Bandung). e-Proceeding of Management : Vol.2, No.3 Desember 2015. Hlm. 377 – 384

Peraturan Pemerintah nomor 52 tahun 2016,

Santana, Septiawan. 2007. Menulis Ilmiah Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Yayasan Indonesia.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta


Sumber Internet:

Ardiansyah, 2019, Pengertian Preferensi Konsumen. https://guruakuntansi.co.id/preferensi-konsumen/ dilihat pada 2 desember 2019.

Data perguruan tinggi di Kabupaten Ngawi. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index51.php?level=3&kode=050911&id=0 dilihat 9 Desember 2019

_____, 2020, Profil Program Pendidikan LP3I, https://www.lp3i.ac.id/

Downloads

Published

2021-07-09