Pengaruh Harga, E-Money, dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Saladbar Hadi Kitchen Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.662Abstract
Abstrak
Sejak wabah Covid-19 meningkat, Indonesia telah meningkatkan kesadaran akan gaya hidup sehat. Memanfaatkan tren hidup sehat, Saladbar Hadi Kitchen merupakan usaha kuliner yang menyediakan menu makanan dan minuman diet sehat. Namun saat pandemi, masyarakat mengurangi pengeluaran yang diakibatkan oleh kondisi ekonomi global saat ini, konsumen ragu menggunakan e-money karena perlindungan terhadap aset dari peretasan masih minim, serta store atmosphere dengan terbatasnya jumlah meja dan adanya peraturan PPKM level tiga membuat konsumen tidak tertarik dalam melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, e-money, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada Saladbar Hadi Kitchen di Kota Batam. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 286 responden. Penelitian ini menggunakan alat pengolah data SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial menyatakan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Adapun secara simultan menyatakan bahwa harga, e-money, dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Saladbar Hadi Kitchen di Kota Batam.
Kata kunci: Harga; E-Money; Store Atmosphere; Keputusan Pembelian Konsumen
Abstract
Since the Covid-19 outbreak has increased, Indonesia has increased awareness of healthy lifestyle. Taking advantage of the trends, Saladbar Hadi Kitchen is a culinary business that provides menu of healthy diet food and drinks. During the pandemic, people are reducing spending caused by the current global economic conditions, consumers are hesitant to use e-money because protection against assets from hacking still minimal, and the store atmosphere with a limited number of tables and regulations PPKM level three makes consumers not interested in making purchasing decisions. This study aims to determine the effect of price, e-money, and store atmosphere on consumer purchasing decisions at Saladbar Hadi Kitchen in Batam City. The sampling technique used purposive sampling method. The sample used is 286 respondents. This study uses a data processing tool, namely SPSS 25. The results of this study partially state that price has a positive and significant effect on consumer purchasing decisions, e-money has a positive and significant effect on consumer purchasing decisions, and store atmosphere has a positive and significant effect on purchasing decisions. consumer. Simultaneously stated that price, e-money, and store atmosphere have a positive and significant effect on consumer purchasing decisions at Saladbar Hadi Kitchen in Batam City.
Keywords: Price, E-Money, Store Atmosphere, Consumer Purchasing Decisions
References
Arianto, N., & Giovanni. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3, 12–22.
Bank Indonesia. Peraturan Bank Indonesia tentang Uang Elektronik. , (2018).
Berman, Barry, Joel R. Evans, dan Patrali Chatterjee. Retail Management: A Strategic Approach, Global Edition. Edisi 13. New Jersey: Pearson Education Limited. 2018.
Katarika, D. M., & Syahputra. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Di Bandung. Jurnal Ecodemica, 1(2), 162–171.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology and Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2, 59–72.
Oktaviani, N., Astuti, W., & Firdiansjah, A. (2019). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Pembentukan Komitmen Pelanggan dan E-WOM Pada Pengguna Aplikasi E-Money “OVO.†Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 12(1), 93–112. https://doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3757