Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Bintang Araya di Kota Batam
Abstract
Abstract
The development of technology and business has a significant impact on human life in this world, and many companies are growing and developing rapidly. One of them is the provision of transportation services to achieve convenience for the wider community as consumers in using transportation services that are very important for life. This study aims to determine the effect quality of service and promotion of their purchasing decisions PT Bintang Araya. The research method uses a non-probabilty sampling. The data collection technique is by distributing question naires to 283 respondents are visitor data at PT Bintang Araya. Data analysis using SPSS version 21. Based on the results of testing through multiple lineari regression analysis the results of the coefficient of determination (R2) were 34.4%, the results showed that the quality of service and promotion together had a positive and significant effect on purchasing decisions. The results of the T test show the value of t count variable service quality is 2.125 and promotion is 7.179. Both variables value is greater than t table so can be concluded that from the results of the analysis, the variables of services quality and promotion together have a positive and significant effect on purchasing decisions.
Abstrak
Perkembangan teknologi dan bisnis memiliki dampak signifikan pada kehidupan manusia di dunia ini, dan banyak perusahaan tumbuh dan berkembang pesat. Salah satunya adalah penyediaan layanan transportasi untuk mencapai kenyamanan bagi masyarakat luas sebagai konsumen dalam menggunakan layanan transportasi yang sangat penting bagi kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan pembelian mereka PT Bintang Araya. Metode penelitian menggunakan non-probabilty sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan membagikan kuesioner kepada 283 responden yaitu data pengunjung di PT Bintang Araya. Analisis data menggunakan SPSS versi 21. Berdasarkan hasil pengujian melalui analisis regresi linier berganda hasil koefisien determinasi (R2) adalah 34,4%, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan promosi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji T menunjukkan nilai kualitas pelayanan variabel t hitung adalah 2,125 dan promosi adalah 7,179. Nilai kedua variabel lebih besar dari t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil analisis, variabel kualitas layanan dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keyword: Quality of Service; Promotion; Purchasing Decision.
References
Firdausy, C. M., & Idawati, R. (2017). Effects of Service Quality, Price and Promotion on Customers Purchase Decision of Traveloka Online Airline Tickets in Jakarta , Indonesia, 3(2), 42–49. https://doi.org/10.18775/ijmsba. 1849-5664-5419.2014.32.1004
Gulla, R., geoge Oroh, S., & Roring, F. (2015). Analisis harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada hotel manado grace inn, 3(1), 1313–1322.
Fitri, A., & Widyawati, N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhaadap Penjualan Online Shop Busana Muslim Ardanis Fitri Pitaloka, 4.
Mal, L. H., & Agus, G. (2018). Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Di Situs Traveloka . Com Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Dhyana Pura Bali, 13(1), 63–73.
Priyatno. (2010). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2015). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Sanusi, A. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. (Setiyawami, Ed.). Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2012). Dasar Dasar Manajemen Pemasaran (1st ed.). Yogyakarta: CAPS.
Sunyoto, D. (2013). Teknik, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukmawati, I., & Massie, D. D. J. (2015). Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Air Manado, 3(3), 729–742.
Suryani, T. (2012). Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suwarno. (2012). Metode Riset Skripsi : Pendekatan Kuantitatif (Menggunakan Produk SPSS). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Wibowo, A. E. (2012). Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian. Edisi 2. https://doi.org/2012
Woy, M., Mandey, S., & Soepeno, D. (2014). Woy, M., Mandey, S., & Soepeno, D. (2014). Kualitas Produk, Strategi Harga, Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada PT. Nusantara Surya Sakti Manado, 2(3).