Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Bekas Pada PT. Ong Citra Nusa
DOI:
https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i1.481Abstract
Kemajuan kegiatan penjualan mobil telah meningkatkan tingkat persaingan bisnis yang ketat. Begitu juga untuk ruang pamer mobil yang menjual barang serupa. Dengan menunjukkan produk serupa yang dijual oleh dealer atau bisnis showroom membeli dan menjual mobil yang berbeda, sangat membutuhkan konsumen yang beragam untuk membuat konsumen bebas menentukan produk yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Dalam upaya menentukan langkah maju agar sesuai dengan tujuan perusahaan, yaitu untuk memperoleh laba semaksimal mungkin dengan potensi dan kemampuan maksimum, salah satu cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pemasaran. Pemasaran adalah salah satu bidang yang harus dipertimbangkan untuk kepentingan perusahaan di samping kegiatan lapangan lainnya seperti produksi, personel dan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisis harga, promosi dan kualitas produk pada keputusan pembelian di PT Ong Citra Nusa. Sampel diambil dengan teknik non-probability sampling dengan metode accidental sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan metode survei melalui kuesioner. Jumlah nilai sampel yang diambil menggunakan rumus Slovin adalah 101 responden. Metode pemrosesan data menggunakan metode regresi linier berganda dengan SPSS (Statistik Produk dan Solusi Layanan) versi 21. Berdasarkan hasil pengujian, dapat dikaitkan dengan harga yang secara positif dan signifikan terkait dengan Keputusan Pembelian, promosi secara positif dan signifikan terkait dengan Pembelian. Keputusan, Kualitas Produk yang secara positif dan signifikan ditingkatkan dengan Keputusan Pembelian, dan harga simultan, promosi dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Kata kunci: Harga, Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
References
Cahaya Adi Putra, I. G., Sasrawan Mananda, I. G., & Susrami Dewi, N. G. A. (2016). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Maskapai Citilink Oleh Wisatawan Nusantara Di Bandara Ngurah Rai, Bali. Jurnal IPTA, 4(2), 44. https://doi.org/10.24843/ipta.2016.v04.i02.p09
Danang Sunyoto. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Cetakan 2). Yogyakarta: CAPS.
Ilat, L. V, & Parengkuan, T. (2018). Analisis Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Ulang Pada Ukm Dâcendol 77 Di Eic Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).
Oentoro, D. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.
Pasaribu, R. F. A., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., & Sartika, V. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy Pt. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen, 5(1), 45–52.
Priyatno, Duwi. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS (Cetakan Pe). Yogyakarta: Mediakom.
Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Surjaweni, V. W. (2015). METODOLOGI PENELITIAN BISNIS & EKONOMI (1 ed.). Yogyakarta: PT. PUSTAKA BARU PRESS.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup! Yogyakarta: Andi Offset.
Wibowo, A. E. (2012b). Aplikasi Praktis SPSS Dalam Peneitian. Yogyakarta: Gava Media.
Yamit, Z. (2013). MANAJEMEN KUALITAS PRODUK & JASA. Yogyakarta: EKONISIA.