Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA) Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Bidang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2021-2022

Authors

  • Ni’matin Choiroh STIE PGRI Dewantara
  • Rohmatulloh Wahyu Pradana STIE PGRI Dewantara
  • Iin Sulistyawati STIE PGRI Dewantara
  • Dwi Ermayanti Susilo STIE PGRI Dewantara

Keywords:

NPM, ROA, Pertumbuhan Laba

Abstract

Abstrak

Pertumbuhan laba merupakan suatu indikasi adanya perubahan kondisi ekonomi dalam perusahaan, perubahan akan diartikan kea rah yang lebih baik apabila perusahaan mampu mendapatkan laba dan negative apabila perusahaan mengalami rugi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang apakah Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA) memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan Laba pada perusahaan manufaktur bidang konsumsi yang terdaftar di BEI pada tahun 2021 - 2022. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu Laporan Keuangan masing masing sampel, sebanyak 23 perusahaan selama periode 2021 - 2022. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan pengujian asumsi klasik, pengujian hipotesis serta analisis statistic yaitu analisis Regresi Linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA) Berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan laba.

Kata kunci : Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), Pertumbuhan Laba.

References

Amalina, N. &. (2014). Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2008-2011). Diponegoro. Journal Of Accounting, 3 (1), 1-15.

Febriyanto, G. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Dengan Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi . Jurnal Bisnis Terapan,4 (02), 107-122.

Handayani, R. &. (2018). Pengaruh Earning Per Share (Eps), Debt To Equity (Der) Dan Return On Assets (Roa) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 3(1), 615-620.

Naser, A. (2013). Kontribusi Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Perbankan di Bursa Efek. Jakarta . Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9 (3), 439-463.

Praiadi, H. (2014). Pengaruh Risiko Usaha Terhadap Return On Asset (Roa) Pada Bank Umum Swasta Nasional Go Public (Doctoral Dissertation Stie Perbanas).

Widyanti, M. (2019). Pengaruh Net Profit Margin, Return On Asset dan Debt To Equity Ratio Terhadap Pertumbuhan Laba Pada perusahaan LQ-45. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Vol.7 No.3 Universitas Sriwijaya .

Downloads

Published

2023-10-30

Most read articles by the same author(s)