Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Charoen Pokphand Kediri

Authors

  • Petty Arisanti Universitas Kahuripan Kediri
  • Rini Ratna Nafita Sari Universitas Kahuripan Kediri
  • Diyah Ayu Candra Universitas Kahuripan Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i2.838

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh secara signifikan motivasi kerja terhadap kepuasan jerja karyawan pada PT Bina Artha Ventura. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menjelaskan menggunakan pendekatan kuantitatif, di bantu dengan menggunakan program statistik SPSS versi 21, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menguunakan observasi, wawancara, kuisioner dan studi pustaka. Populasi penelitian ini menggunakan karayawan pada PT. Bina Artha Ventura sebanayak 40 orang. Teknik sampling yang di gunakan adalah teknik simple random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 36 responden karyawan pada PT. Bina Artha Ventura, yangn berstatus pegawai tetap. Teknik analisa data yang digunakan yaitu Uji Validitas dan Reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, determinasi dan uji t. Dalam penelitian ini koefisien determinasi menunjukkan bahwa penilaian motivasi di pengaruhi oleh Kepuasan kerja karyawan sebesar 72,0% sedangkan sisanya sebersar 28,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termaksud dalam penelitian ini, sedangkan nilai uji t sebesar 9,341 dan nilai Sig. 0,000 selanjutnya akan dibandingkan dengan ketentuan bila Sig < 0,05 maka dinyatakan terdapat  pengaruh antara variabel  X  dan  variabe Y dan bila sig. > 0,05 maka dinyatakan tidak terdapat pengaruh. Nilai Sig dari output SPSS sebesar 0,000 ternyata lebih kecil dari 0,05 (Sig. 0,00 < 0,05) maka dinyatakan terdapat pengaruh signifikan dari motivasi kerja terhadap kepuasan kerja.

References

Adhipuspitasari, M. (2009). Strategi Pemasaran Pada Rocketz Cafe. 73. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/16569/MzE3NDE=/Strategi-pemasaran-pada-Rocketz-Cafe-abstrak.pdf

Istiqomah, I., & Andriyanto, I. (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 363. https://doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3019

Kusbandono, D. (2019). Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis ( Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan). Jurnal Manajemen, 4(2), 921. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.250

Moch Choiril Anwar, M. C. U. (2012). Analisis SWOT pada Strategi Bisnis dalam Kompetisi Pasar. Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 1–9.

Puspasari, A., & Rabia, P. (2020). S trategi penjualan sepatu dengan metode analisis swot di era pandemic covid-19 The shoe sales strategy uses the swot analysis method in the covid-19 pandemic era. Akuntabel, 17(2), 270–276.

Sarwendhi, R. A. (2021). The Effect of Participatory Budgeting, Information Asymmetry, and Organizational Commitment on Budgetary Slack. The Indonesian Accounting Review, 11(2), 209. https://doi.org/10.14414/tiar.v11i2.2428

Trisila, A. & N. L. (2017). Strategi Pemasaran Pada Café Celebrity Di Jalan Leci Mojokerto. Jurnal Bisnis Indonesia, 8(2), 167–178.

Wicaksono, A. (2018). Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta Jurnal Manajemen Industri dan Logistik. Jurnal.Fk.Unand.Ac.Id, 1(2), 192–201. http://jurnal.poltekapp.ac.id/

Downloads

Published

2022-10-31