Pengaruh Biaya Pemasaran Terhadapharga Jual Guna Menghitung Laba Pada Perusahaan Tahu dan Takwa Bah Kacung Cakrawijaya Kediri

Authors

  • Siti Isnaniati Universitas Islam Kadiri
  • Prisca Yuniar Nayantika Universitas Islam Kadiri
  • Prisca Yuniar Nayantika Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.684

Keywords:

Biaya Pemasaran, Harga Jual, Laba

Abstract

Abstrak

 

Biaya pemasaran dan harga jual adalah komponen yang tidak bisa dipisahkan dengan laba. Perusahaan Tahu Taqwa Bah Kacung Cakrawijaya Kediri adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri berupa makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah biaya pemasaran dan harga jual berpengaruh terhadap perolehan laba bersih sebelum pajak pada perusahaan. Sumber data yang digunakan untuk mengolah data adalah sumber data primer. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Variable yang digunakan adalah biaya pemasaran, harga jual dan laba perusahaan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitaif mengenai gambaran umum objek perusahaan. Dalam hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa biaya pemasaran tidak berpengaruh terhadap harga jual. Sedangkan untuk harga jual dipengaruhi oleh biaya produksi. Tetapi untuk menghitung laba bersih bersih sebelum pajak menggunakan indicator biaya pemasaran didalam perhitungannya. Maka untuk mendapat laba yang maksimal perusahaan perlu memperhatikan pengeluaran untuk biaya pemasaran dan analisa dalam menentukan harga jual.

 

 

Kata kunci: Biaya Pemasaran, Harga Jual Produk, Laba bersih sebelum pajak pada Perusahaan

Downloads

Published

2022-05-28