Pengaruh Inovasi Pelayanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada kntor Kecamatan Belakang Padang Di Kota Batam

Authors

  • Kharunia Nova Universitas Putera Batam
  • Hikmah Hikmah Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.657

Abstract

Pelayanan publik merupakan kewajiban pemerintah sebagai pendorong utama kemajuan suatu bangsa dan dilakukan oleh organisasi pemerintah, baik pusat, provinsi, dan upaya yang diklaim negara. Kantor Kecaatan Belakang Padang meruapakan tempat sarana prasarana penyedia jasa bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini supaya dapat menemukan pengaruh inovasi pelayanan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat Teknik sampel yang dipakai ialah simple random sampling dimana menggunakan penyebaran kusioner ke 228 responden. Analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS 25. Penelitian menghasilkan tingkat signifikan inovasi pelayanan sebesar 0,000 < 0,05, dan kualitas pelayanan tingkat signifikannya 0,000 < 0,05 yang berarti nilai signifikan kedua variabel berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan masayarakat.

 

References

Adypurnawati, M., & Hariani, D. (2019). Inovasi Lapor Hendi (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) di Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 8(2), 16–31.
Bulkia, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 49–58. https://doi.org/10.31602/atd.v2i1.1191
Junery, M. F., & Asyira, N. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Imigrasi Bengkalis. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 102–114. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.222
Maryati, F., & Husda, N. E. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Holiday Hotel Di Kota Batam. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 19–26. https://doi.org/10.35829/magisma.v1i1.65
Muslim, J., & Irwandi. (2017). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Dinas Perhubungan Kota Bandung Tahun 2016. Jurnal Adhum, 7(1), 10–16.
Pratiwi, M., & Syukur, T. (2018). INOVASI PELAYANAN PUBLIK “ MOTOR PELAYANAN LORONG TA ” PADA KANTOR KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR PUBLIC SERVICE INNOVATION “ MOTOR PELAYANAN LORONG TA ’’ AT RAPPOCCINI DISTRICT OFFICE OF MAKASSAR CITY Salah satu kecamatan Motor Pelayanan Lorong Ta ’ p. 24, 139–148.
RAHMAN ARIF. (2018). PENGARUH INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI FIF GROUP PALIMANAN BERDASARKAN KONSEP MUAMALAH. INSTITUT AGAMA ISLAM BUNGA BANGSA CIREBON.
Wati, S. (2019). Implementasi Inovasi Pelayanan Publik Melalui Er- Usip ( Elektronik Retribusi Pasar ) Di Dinas Perindagkop-Ukm Kabupaten Bangka Tengah Public Service Innovation Implementation Through Er-Usip ( Elektronik Retribusi Pasar ) at the Department of Perindagkop. Jurnal Inspirasi, Vol. 10(No. 2), 117.

Downloads

Published

2022-04-22