Analisis Preferensi Perilaku Mahasiswa Baru Pada Strategi Promosi dan Biaya Berdasarkan Gender
DOI:
https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.642Abstract
Semakin bertambahnya jumlah Perguruan Tinggi Swasta menjadikan persaingan semakin ketat. Strategi promosi dan penentuan biaya merupakan hal sangat penting bagi Perguruan Tinggi Swasta dalam memikat calon mahasiswa, karena keduanya memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian. Penentuan strategi promosi dan biaya tidak dapat dilepaskan dari karakteristik sosial demografi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan preferensi perilaku dari mahasiswa baru terhadap strategi promosi dan biaya yang diterapkan perguruan tinggi swasta Provinsi Bali jika didasarkan pada gender. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 200 mahasiswa baru. Teknik analisis data yang digunakan dalam riset ini adalah uji mann whitney. Hasil riset menunjukkan bahwa kedua kelompok gender memiliki perbedaan preferensi perilaku terhadap strategi promosi dan biaya perguruan tinggi swasta di Provinsi Bali. Kelompok gender perempuan cenderung lebih menyetujui bahwa strategi promosi melalui iklan media cetak maupun elektronik mudah diketahui dan ditemukan. Kemudian pada strategi biaya, kelompok gender perempuan lebih menyetujui jika biaya-biaya yang dikeluarkan baik secara langsung, tidak langsung, maupun biaya sosial perguruan tinggi swasta tergolong wajar