Penilaian Kinerja Perusahaan Jasa Kontruksi PT. Ganesha Praptama Karya Berdasarkan Pendekatan Metode Balance Scorecard
Penilaian Kinerja Perusahaan Jasa Kontruksi PT. Ganesha Praptama Karya Berdasarkan Pendekatan Metode Balance Scorecard
DOI:
https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.634Abstract
- Ganesha Praptama Karya. Perusahaan kontraktor masih sangat tradisional melihat aspek keuangan saja dalam penilaian kinerjanya. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah merancangan kinerja perusahaan jasa kontruksi PT. Ganesha Praptama Karya yang dinilai berdasarkan metode BSC tentang perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Jenis penelitian pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode random sampling. Sampel pada masing-masing kuisoner adalah 32 sampel untuk kuisioner pelanggan dan 58 orang untuk karyawan internal. Berdasarkan kinerja perusahaan perspektif keuangan menunjukkan mampu menutupi utang jangka pendeknya sebelum jatuh tempo dengan aktiva lancarnya serta mampu menutupi biaya-biaya yang di keluarkan dengan pendapatan yang diperoleh. Kinerja perusahaan perspektif pelanggan menunjukkan mampu bekerja dengan baik dalam hal memberi pelayanan yang baik pada pelanggan sehingga berdampak positif bagi perusahaan. Kinerja perusahaan perspektif bisnis internal dapat dikatakan cukup baik hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mampu menyediakan peralatan serta sarana dan prasarana yang cukup bagi karyawan. Kinerja perusahaan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dapat dikatakan cukup baik hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja karyawan melalui pelatihan serta kesempatan pendidikan lanjutan serta lingkungan kerja yang kondusif.
References
Bintoro, M. d. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Brigham dan Houston. (2010). Essentials of Financial Management: Dasar-dasar Manajemen Keuangan .Jakarta: Salemba Empat
Evita, S.N., Muizu, Wa O.Z., & Atmojo, R.T.W. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rarting Scale dan Management by Objectives (Studi Kasus pada PT Qwords Company International). Pekbis Jurnal, Vol.9, No.1, Maret 2017: 18- 32
Hery (2017). Balanced Scorecard for Business. Grasindo, Jakarta.
Pebrianata, I.W.G.S dan I.G.A.M.A.D Putri (2014). Analisis Komparasi Kinerja Berbasis Balance Scorecard pada LPD di Kecamatan Denpasar Timur. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.6, No.2, pp.340-354, Universitas Udayana, Bali.
Setiobudi, Eko. (2017). Analisi Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Studi pada PT. Tridharma Kencana. Journal of Applied Business and Economics Vol. 3 No. 3 (Mar 2017) 170-182
Tandiontong, Mathius dan Yoland, Erna R. (2011). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Yang Memadai (Sebuah Studi Pada Perusahaan Bio Tech Sarana di Bandung). Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi Nomor 05 Tahun ke-2
Brigham dan Houston. (2010). Essentials of Financial Management: Dasar-dasar Manajemen Keuangan .Jakarta: Salemba Empat
Evita, S.N., Muizu, Wa O.Z., & Atmojo, R.T.W. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rarting Scale dan Management by Objectives (Studi Kasus pada PT Qwords Company International). Pekbis Jurnal, Vol.9, No.1, Maret 2017: 18- 32
Hery (2017). Balanced Scorecard for Business. Grasindo, Jakarta.
Pebrianata, I.W.G.S dan I.G.A.M.A.D Putri (2014). Analisis Komparasi Kinerja Berbasis Balance Scorecard pada LPD di Kecamatan Denpasar Timur. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.6, No.2, pp.340-354, Universitas Udayana, Bali.
Setiobudi, Eko. (2017). Analisi Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Studi pada PT. Tridharma Kencana. Journal of Applied Business and Economics Vol. 3 No. 3 (Mar 2017) 170-182
Tandiontong, Mathius dan Yoland, Erna R. (2011). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Yang Memadai (Sebuah Studi Pada Perusahaan Bio Tech Sarana di Bandung). Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi Nomor 05 Tahun ke-2