Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Produk Inovasi Susu Kedelai
DOI:
https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i2.578Abstract
Abstrak
Dalam pengembangan produk inovasi minuman susu kedelai, strategi pemasaran yang tepat perlu diketahui melalui riset pasar. Komponen dalam bauran pemasaran menjadi faktor penting dalam pengembangan strategi pemasaran termasuk dalam pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk inovasi susu kedelai yang akan dikembangkan dari usaha rumah tangga di desa Tembokrejo, kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian menggunakan metode survei. Variabel independen dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran (4P) meliputi product, price, place, promotion, sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan faktor produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minuman inovasi susu kedelai sebesar 65.5%, sedangkan sisanya sebesar 33.5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel pada penelitian ini. Secara parsial, hanya variabel promosi yang secara signifikan berpengaruh dalam pengambilan keputusan pembelian produk yang akan dikembangkan ini. Oleh karena itu, dalam pengembangan strategi pemasaran produk inovasi susu kedelai ini, faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam pemasaran produk adalah faktor promosi.
Kata kunci: Inovasi; Keputusan pembelian; pemasaran; susu kedelai; 4P
Abstract
In developing soy milk beverage innovation products, the appropriate marketing strategy needs to be known through market research. Components in the marketing mix become an important factor in the development of marketing strategies, including in making purchasing decisions by consumers. This study aims to determine the most influential factors on purchasing decisions for soy milk innovation products that will be developed from household businesses in Tembokrejo village, Purworejo sub-district, Pasuruan City. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. The research technique used survey method. The independent variable in this study is the marketing mix (4P) including product, price, place, promotion, while the dependent variable is purchasing decisions. The results of this study indicate that simultaneously product, price, place, and promotion factors have a significant effect on purchasing decisions of soy milk innovation drinks by 65.5%, while the remaining 33.5% is influenced by other variables outside the variables in this study. Partially, only the promotion variable has a significant effect on purchasing decisions for the product to be developed. Therefore, in developing a marketing strategy for this innovative soy milk product, the main factor that must be considered in product marketing is the promotion factor.
Keywords: Buying decision; Inovation; Marketing; Soy milk; 4P
References
and Promotions on Purchasing Decisions Mediated in Purchase
Motivation. Journal Applied Management, 17(1), p.152-161.
Batu, R.L., Monica, S., Aprilia, B.N. 2020. The Effect of Promotion
and Price on The Purchasing Decisions. Jurnal Manajemen dan
Bisnis, 4(1), p.1-10.
Fajarningsih, R.U., Riptanti, E.W. 2016. Peningkatan Usaha Susu Kedelai
Skala Home Industry. , Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan
Seni bagi Masyarakat, 4(2), p.11-24.
Fitriani, R.S., Khasanah, I. 2015. Analisis Pengaruh Harga, Persepsi
Kualitas, Kesadaran Merek dan Asosiasi Merek terhadap
Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro (Studi pada Mahasiswa
S1 Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of
Management, 4(2), p.2337-3792.
Gumilar, B.R., Sumarwan, U., & Sartono, B. 2020. Analysis of Factors
Affecting Car Purchasing Decision. INOVASI, 16 (1), p.60-71.
Harahap, D.A., Hurriyati, R., Gaffar, V., Amanah, D. 2017. The Effect of
Location and Products Completeness to Consumer Buying Decision
of Small and Medium Enterprise Market. Conference Paper, In
Proceedings of The 2nd Global Conference on Business,
Management and Entrepreneurship (GCBM), p. 30-33.
Imaningsih, E.S., Rohman, S. 2018. The Model of Product Quality,
Promotion, Price, and Purchase Decisions. Jurnal Ekonomi,
13(2), p.260-271.
Ningsih, D.D.S., Maika, M., R. 2020. Strategi Bauran Pemasaran 4D
dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang
Pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), p. 693-
702.
Nurhayati, Arman, D., Warid, M.H., Pujiana, B.N. Inovasi Susu Kedelai
dengan Penambahan Daun Kelor dan Kulit Buah Naga sebagai
Inisiasi Ide Bisnisdi Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Agro
Dedikasi Masyarakat, 1(2), p.68-74.
Peraturan Badan Standardisasi Nasional RI. 2019. Skema Penilaian
Kesesuaian terhadap Standar Nasional Indonesia Sektor
Pangan. Lampiran LXVI, No.6 Tahun 2019, p.1012-1026.
Putri, B.R.T. 2017. Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. Fakultas
Peternakan, Universitas Udayana. Denpasar.
Resmi, N., Wismiarsi, T. 2015. Pengaruh Kemasan dan Harga pada
Keputusan Pembelian Minuman Isotonik. Jurnal Manajemen
dan Bisnis Sriwijaya, 13(1), p.1-20.
Rohmani, S., Yugatama, A., Prihapsara, F. 2018. Inovasi Minuman Sehat
Berbahan Kedelai dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat melalui
Wirausaha di Kabupaten Sukoharjo. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah
Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), p.68-74.
Rosmayati, S., et al. 2020. Perilaku Konsumen dan Perkembangannya
di Era Digital. Penerbit Widina. Bandung.
Santoso, L.V. 2018. Analisis Pengaruh Price, Overall Satiffaction, dan
Trust terhadap Intention to Return pada Online Store Lazada.
Agora, 6(1).
Sari, A.M., Yudistirani, S.A., Sudarwati., W., Aqli, W. 2020. Solusi Bertahan
bagi UKM Produk Susu Kedelai di Masa Pandemi. Seminar
Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 83, p.1-8
Sawitri, M.E., Manab, A., Siswijono, S.B., Rahayu, P.P., Andriani, R.D.
2017. Pengembangan Usaha Pengolahan Susu Kedelai menjadi
Pangan Fungsional Soyagurt dan Tawasutra di Kecamatan
Karangploso dan Sukun Kabupaten Malang. Jurnal Akses
Pengabdian Indonesia, 2(2), p.8-14.
Tehuayo, E. 2018. Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen
pada Perilaku Pembelian Produk Yamaha Mio di Kota Ambon.
Jurnal SOSOQ, 6(2), p.25-34.
Wijiyanti, M., Purwinarti, T., Hadikusuma, R. 2014. Riset Perilaku
Konsumen sebagai Bagian dari Riset Pemasaran. Epigram.
11(2), p.183-192.
Willy dan Nurjanah, S. 2019. Pengaruh Kemasan Produk dan Rasa
terhadap Minat Beli yang Berdampak pada Keputusan
Pembelian Pelanggan Minuman Energi. Jurnal Ilmu
Manajemen, 9(2), p.65-74.