Analisis Hubungan Mutu Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Islam Madinah Kasembon

Authors

  • Yusuf Aditya Rachman

Keywords:

Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah mengetahui derajat kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Islam Madinah kasembon. Studi ini dilaksanakan pada tahun 2015 dilakukan secara kuantitaf dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang didistribusikan kepada pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Islam Madinah Kasembon. Hasil dari studi ini menunjukan suatu hubungan yang kuat positif dari kualitas pelaytanan kesehatan dan kepuasan pasien. Hasil analisa statistik produk moment pearsons menunjukan sebuah hubungan yang kuat positif antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien (r = 0,99).Untuk meningkatkan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Islam Madinah Kasembon,hasil dari studi ini cenderung untuk memperbaiki dari kualitas pelayanan dokter kepada pasien (komunikasi), kepedulian dan jaminan perawat kepada pasien, pelayanan administrasi dan peningkatan kelengkapan baik sarana dan prasarana rumah sakit.

Author Biography

  • Yusuf Aditya Rachman

    Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kahuripan Kediri

Downloads

Published

2018-03-06