FAKTOR KESUKSESAN EVENT ORGANIZER MUSIK DARI SISI KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Antonius Tanan Herwandi Universitas Ciputra
  • Mikha Christanthio Darsono Universitas Ciputra
  • Krismi Budi Sienatra Universitas Ciputra

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i1.442

Abstract

 

Industri dalam bidang pameran, konfrensi, pertemuan atau lebih dikenal dengan istilah MICE saat ini dapat menunjukan trend yang mulai naik setiap tahunnya. Subfaces merupakan promotor event musik bergenre EDM yang cukup dikenal di Surabaya sejak 2013. Peneliti ingin meneliti faktor-faktor yang dapat memberikan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif. Populasi menggunakan penggunjung event Musik Haaigroen 2019 sebanyak 350 pengunjung. Sampel sebanyak 186 orang dengan menggunakan non probability sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengen metode faktor analisis. Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan dalam sebuah acara musik adalah keteraturan acara. konsep yang baik dari awal hingga selesai, adanya perubahan tema setiap acara, interaksi yang baik antara pengunjung dan penyelenggara serta penunjang acara (pengisi acara) yang menarik dan promosi melalui media sosial menjadi indikator untuk keteraturan acara.

References

Indrajaya, T. (2015). Potensi Industri Mice (Meeting, Incentive, Conference and Exibition) Di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah WIDYA.
Jackson, Andy, D. H. (2015). Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Padda Kaisar Organizer Dengan Business Model Canvas. Ilmiah.
Lee, H., & Lee, J. S. (2017). An exploratory study of factors that exhibition organizers look for when selecting convention and exhibition centers. Journal of Travel and Tourism Marketing. https://doi.org/10.1080/10548408.2016.1276508
Marchini, A., Riganelli, C., & Diotallevi, F. (2016). The Success Factors of Food Events: The Case Study of Umbrian Extra Virgin Olive Oil. Journal of Food Products Marketing. https://doi.org/10.1080/10454446.2014.1000432
Nadzir, M. (2016). Analisis Usaha Event Organizer MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) Melalui Kanvas Model Bisnisdan Peta Empati: Studi Kasus Event Organizer di Yogyakarta dan Surakarta. Jurnal Manajemen Bisnis.
Nayak, J. K., & Bhalla, N. (2016). Factors motivating visitors for attending handicraft exhibitions: Special reference to Uttarakhand, India. Tourism Management Perspectives. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2016.10.001
Rosliyana, R. (2016). STRATEGI BAURAN PROMOSI PAMERAN FRANCHISE DI JAKARTA. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis.
Sparviero, S. (2019). The Case for a Socially Oriented Business Model Canvas: The Social Enterprise Model Canvas. Journal of Social Entrepreneurship. https://doi.org/10.1080/19420676.2018.1541011
Sukwadi, R., Inderawati, M. M. W., & Stephanie, J. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berkunjung kembali ke pekan raya Indonesia: peran moderasi dari kesadaran merek. Prosiding SNST.
Wahab, W. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah industri perbankan syariah di kota pekanbaru. Jurnal Kajian Ekonomi Islam.
Zamora, R. (2017). analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam pembayaran rekening listerik b’right PT. PLN batam pada unit pelayanan Batam Centre. Jurnal Bening.

Downloads

Published

2021-04-21