Analisis Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Tanaya Realty di Kota Sidoarjo
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk menguji kualitas sistem informasi akuntansi dan perceived usefulness terhadap kepuasan pengguna. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di bagian keuangan Tanaya Realty di Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data primer dalam bentuk kuisioner dengan sampel terkumpul sebanyak 32 karyawan. Data yang dikumpulkan diproses menggunakan SPSS 25. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan hasil uji asumsi klasik menunjukkan telah terpenuhi mulai dari uji normalitas, uji multikolenieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Setelah hasil uji autokorelasi terpenuhi tahapan selanjutnya hasil uji t untuk melihat hubungan secara parsial antara varibel, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial sistem informasi akuntansi dan perceived usefulness berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, begitupula secara simultan sistem informasi akuntansi dan perceived usefulness juga berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.
References
Antasari, K. C., & S, P. D. y. Y. (2015). Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Pada Kinerja Individual Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 10.2 (2015).
Hutabarat, Yosepha S. "Analisis Faktor-Faktor Yangmempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Dan Kinerja Individu Menggunakan Theory Delone Danmcleane." (2016).
Ikhsan, Anwar. "Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Non Dosen Pada Universitas Mercu Buana Jakarta ". Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 2 (2016).
Kartika, Nilam Dwi, Anton, and Wenny Ana Adnanti. "Analisis Kualitas Sistem Informasi, Perceived Usefulness Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan End User Software Akuntansi ". (2016).
Kasandra, Ni Made Ayu Ari, and Gede Juliarsa. "Pengaruh Kualitas Penerapan Sia, Pemafaatan Dan Kepercayaan Teknologi Informasi Pada Kinerja Karyawan." E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 8.3 14.1 (2016).
Krisdiantoro, Yuyut, Imam Subekti, and Yeney Widya Prihatiningtias. "Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Manfaat Bersih Dengan Intensitas Penggunaan Sebagai Variabel Mediasi." Jurnal Akuntansi Aktual 5 (2018).
Marlina, Firda Tri. "Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Kualitas Informasi Akuntansi Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Bank Syariah Kota Bandung." (2016).
Maryana, Ferra, Rakhmi Ridhawati, and Tuti Arum Sayekti. "Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (Ap2t) Pt Pln (Persero) Wilayah Kalimantan Tengah Dan Kalimantan Selatan Area Barabai ". DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis 11 (2018).
Melasari, Ranti. "Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerjakaryawan Dengan Integritas Karyawansebagai Variabel Pemoderasi Pada Perbankan Di Tembilahan." Jurnal Akuntansi dan Keuangan 6 (2017).
Pawirosumarto, Suharno. "Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning." Jurnal Ilmiah Manajemen VI (2016).
Putra, Dony Setiawan Hendyca, and Meilana Siswanto. "Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember ". Jurnal Ilmiah INOVASI 1 (Mei-Agustus 2016).
Rukmiyati, N. M. S., & Budiartha, I. K. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris Pada Hotel Berbintang Di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.1, 115-142.
Saputri, Isti Nugraheni. "Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kepuasan Pengguna Paket Program Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (Studi Empiris Pada Bank Perkreditan Rakyat Boyolali) ". (2016).
Suhendro, Dedi. "Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Dan Ekspektasi Kinerja Terhadap Kepuasan Pengguna Dalam Penerapan Sistem Teknologi Informasi Pada Koperasi Di Kota Pematangsiantar." JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi & Teknik Informatika) 1 (Juli 2016).
Surya, Prakosad Adi. "Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Perceived Ussefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi (Studi Pada Stmik Triguna Dharma Medan)." Repositori Institusi USU (2017).
Tulodo, B. A. R., & Solichin, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 10. doi:doi.org/10.21009/JRMSI.010.1.02
Wahyuningsih, Sri. "Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Dr. Moewardi)." (2019).
Wiguna, Dewa Made Agung Putra, and Ida Bagus Dharmadiaksa. "Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Individual Dengan Budaya Organisasi Sebagai Pemoderasi." E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 8.3 17.1 (2016).