Indeks Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Keywords:
indeks kepuasaan, pelayanan publikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarkat terhadap pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan catatan Sipil di Kabupaten
Kediri dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi indeks kepuasan masyarkat terhadap pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan catatan
Sipil di Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner terhadap sejumlah responden, dokumentasi dan studi pustaka serta wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditinjau dari dimensi Indek kepuasan Masyrakat (IKM) pelayanan yang diberikan dinilai sudah baik. Hal ini menunjukkan bahwa pada dimensi ini masyarakat sudah puas dengan pelayanan yang diberikan oleh aparat pemerintah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi adalah faktor sumber daya manusianya dan sarana dan prasarana. Saran dalam hasil penelitian ini adalah dalam rangka pemenuhan kepuasan pelayanan masyarakat maka hendaknya pelayanan tetap dimaksimalkan walaupun terkendala oleh beberapa fasilitas penunjang serta sarana dan prasarana Peningkatan mutu pelaynan melalui sumber daya manusia (SDM) yang mapan dan berkualitas harus tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan upaya menjalin kerja sama dengan lembaga atau LSM lainya yang bisa memberikan pelatihan berupa pelayanan prima. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Kediri perlu memikirkan untuk memberikan penghargaan bagi pegawai atau aparat pemerintah yang berprestasi agar menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.