PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

(Studi Kasus pada Konsumen Stand Pakaian Pasar Tradisional Bandar Kediri)

Authors

  • Edy Djoko Soeprajitno Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ichsannudin Ichsannudin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Imam Bahrowi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan (1) untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap  keputusan  pembelian  pada  pakaian  konsumen  stand  pasar  tradisional  bandar kediri, (2) untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada stand pakaian konsumen dari pasar tradisional bandar Kediri, (3) Untuk mengenali pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian pada konsumen pakaian  dipasar tradisional bandar Kediri,  (4)  Menganalisis  pengaruh  kualitas  layanan,  harga,  dan  lokasi  terhadap keputusan  pembelian  pada  pakaian  di  pasar  tradisional  bandar  Kediri.  Penelitian  ini adalah  penelitian  explanatory  research  dengan  menggunakan  pendekatan  kuantitatif. Sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  konsumen  yang  berbelanja  di  stand  pakaian  pasar tradisional  bandar  kediri  yang  berjumlah  40 responden  dengan  teknik  yang  digunakan adalah  purposive  sampling.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  kuesioner.  Data yang  terkumpul  kemudian  dianalisis  menggunakan  regresi  linier  berganda  secara simultan (uji F) dan parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, harga  dan  lokasi  secara  bersamaan  memiliki  pengaruh  yang  signifikan  terhadap keputusan  pembelian  konsumen  pada  stan  pakaian  pasar  modal  tradisional,  hal  ini ditunjukkan  oleh  tingkat  signifikansi  0,001.  Kualitas  pelayanan  secara  parsial berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pembelian  konsumen  pada  stand pakaian pasar bandar    kediri, ini ditunjukkan oleh taraf signifikansi t test sebesar 0,034. Harga secara  parsial  berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pembelian  konsumen  pada stand  pakaian  pasar  tradisional  bandar  kediri  yang  ditunjukkan  dengan  tingkat signifikansi  sebesar  0,031.  Sedangkan  lokasi  pengaruh  yang  secara  parsial  signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di pasar    bandar kediri, ini ditunjukkan oleh taraf signifikansi t test sebesar 0,030.

Kata kunci:  Kualitas Layanan, Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian, Pasar Tradisional "Bandar" Kediri

Author Biographies

  • Edy Djoko Soeprajitno, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

  • Ichsannudin Ichsannudin, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

  • Imam Bahrowi, Universitas Nusantara PGRI Kediri

    Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Downloads

Published

2018-10-30