Dampak Sertifikasi Produk Halal Terhadap Kinerja UMKM dan Ekonomi di Kabupaten Sidenreng Rappang

Authors

  • Nikmatullah Nur Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
  • Mutiara Indah Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang
  • Muhammad Rizal Institut Agama Islam DDI Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.51158/bk7p4f87

Keywords:

Kepercayaan Konsumen, Sertifikasi Halal, Pertumbuhan Ekonomi, Dukungan Pemerintah, UMKM

Abstract

Sertifikasi produk halal memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, khususnya di Sidenreng Rappang. Studi ini bertujuan untuk menganalisis dampak sertifikasi halal terhadap kinerja UKM dan dampak ekonominya yang lebih luas. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan wawancara dan observasi langsung terhadap para pemangku kepentingan, termasuk pemilik UKM, konsumen, dan pejabat pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal secara signifikan meningkatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan akses pasar, dan meningkatkan kinerja operasional dan keuangan UKM. Namun, penerapan sertifikasi halal menghadapi beberapa tantangan, termasuk kurangnya informasi dan infrastruktur, terutama bagi UKM yang belum mendapatkan sertifikasi. Studi ini menekankan peran dukungan pemerintah, termasuk pelatihan, fasilitasi, dan penyederhanaan prosedur administrasi, untuk mengatasi hambatan-hambatan ini. Lebih lanjut, sertifikasi halal meningkatkan daya saing UKM baik di tingkat lokal maupun nasional, yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi regional. Temuan ini menyoroti perlunya kolaborasi berkelanjutan antara pemerintah, lembaga akademik, dan UKM untuk mendorong ekosistem halal yang inklusif.

References

Abdulraof, A. G. (2024). The Impacts of Halal Certification Policies in the Philippines: A Literature Review. Cognizance Journal of Multidisciplinary Studies, 4(12), 648–667.

Aditya, W., & Hammam. (2024). Kesadaran Halal Pelaku Umkm Terhadap Produk Olahan Wajib Bersertifikat Halal (Studi UMKM Kecamatan Kwanyar). Iqtisadie Journal of Islamic Banking and Shariah Economy, 4(1), 1–17.

Alfarizi, M. (2023). Peran Sertifikasi Halal Dan Kepatuhan Praktik Halal Terhadap Kinerja Bisnis Berkelanjutan: Investigasi Pemodelan Empiris Sektor Umkm Kuliner Nusantara. Harmoni, 22(1), 93–116.

Alfarizi, M., & Hanum, R. K. (2023). Meningkatkan Transformasi Digital Dan Keberlanjutan Pada Umkm Kuliner Halal Indonesia: Studi Pemodelan Kinerja. Journal of Religious Policy, 2(2), 345–382.

Anwar, U. A. A., Nurhakim, H. Q., & Rani, A. M. (2024). SMEs Halal Compliance in the Implementation of Service Operations Management. The Eastasouth Management and Business, 2(02), 135–148.

Arifin, R. (2020). Legal Analysis of Halal Product Guarantee for Development of Small and Medium Enterprises (SMEs) Business in Indonesia. Jurnal Hukum Islam, 18(1), 121–136.

Azmi, F. R., Abdullah, A., Musa, H., & Mahmood, W. H. W. (2019). Perception of Food Manufacturers Towards Adoption of Halal Food Supply Chain in Malaysia. Journal of Islamic Marketing, 11(3), 571–589.

Chusniati, A., Hikmah, L. U. B. R., Salsabila, A. N., Fi’liya, N., Pramita, E. D., Nurlaeli, S., & Widyaningsih, R. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal Kepada Pelaku UMKM Gropak Di Desa Karangdadap. Solidaritas Jurnal Pengabdian, 3(2), 205–214.

Eris, F. R., Annazhifah, N., Najah, Z., Wulandari, P., & Rusbana, T. B. (2023). Assistance for Registration of Halal Certification to MSMEs Products in Banten Province. Move Journal of Community Service and Engagement, 2(6), 173–178.

Fathoni, M. A. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang Dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 428.

Fitriani, F., & Siagian, Y. M. (2024). Produk Kosmetik Halal Dengan Pendekatan Push Pull and Mooring Guna Meningkatkan Switching Intention. EBID: Ekonomi Bisnis Digital, 2(2), 307–316.

Giyanti, I., & Indriastiningsih, E. (2019). Effect of SME Food Entrepreneurs Knowledge on Halal Certification for Certified Awareness Using Partial Least Square. Jurnal Teknik Industri, 20(2), 140–151.

Gunawan, S., Juwari, J., Aparamarta, H. W., Darmawan, R. M. A., & Rakhmawati, N. A. (2021). Pendampingan Berkelanjutan Sistem Jaminan Halal Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Sewagati, 5(1), 8.

Hasan, H., Sulong, R. S., & Tanakinjal, G. H. (2020). Halal Certification Among the SMEs in Kinabalu, Sabah. Journal of Consumer Sciences, 5(1), 16–28.

Ibrahim, M. Y., Fauzi, U., Fadillah, N., & Satifa, S. A. (2023). The Transformation of Halal Certification Regulations in Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah, 8(2), 183–195.

Janah, N. N., & Yazid, M. (2024). The Role of Halal Certification Bodies in Ensuring Consumer Confidence: A Multi-Site Study in Indonesia. Al-Ahkam, 20(2), 218–235.

Jibrani, A. M. P. (2022). Sertifikasi Halal Indonesia Ditolak Negara Muslim. Journal of Integrative International Relations (JIIR), 7(2), 148–155.

Katuk, N., Ku‐Mahamud, K. R., Kayat, K., Hamid, M. N. A., Zakaria, N. H., & Purbasari, A. (2020). Halal Certification for Tourism Marketing: The Attributes and Attitudes of Food Operators in Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 12(5), 1043–1062.

Khanfani, M., Diniyah, A., & Putri, G. Z. A. (2023). Exploring the Influence of Consumer Behavior on Purchase Decision and Purchase Intention for Halal Cosmetics: The Moderating Role of Halal Awareness. Airlangga International Journal of Islamic Economics and Finance, 6(02), 144–160.

Kusumaningtyas, D. P., Arrozi, F., Maf’ula, F., & Syahidin, M. (2024). Urgensi Sertifikasi Halal Dan Dampaknya Terhadap Umkm: Studi Kasus Pada UMKM Sedap T-Rasya Lamongan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 7(1), 998–1010.

Laksamana, R., Bustami, B., Ardelia, A. S., Mubaraq, A., & Achmad, A. (2024). Membangun Kesadaran Halal Bagi UMKM Melalui Sosialisasi Dan Pendampingan Sertifikasi Halal. Dedikasi Sains Dan Teknologi, 4(2), 180–192.

Lestari, O. A., & Komariyati, K. (2024). Halal Certification Education With Halal Business Actor Statements (Self Declare) at Kelompok UMK Sahabat in Rasau Jaya West Kalimantan. Jurnal Pengabdian Undikma, 5(1), 1.

Lubis, A. R., & Setyono, J. (2023). Non-Muslims’ Intention to Consume Halal Food in Indonesia. Shirkah Journal of Economics and Business, 8(2), 172–188.

Majid, D. K. Z. A., Hanan, S. A., & Hassan, H. (2020). A Mediator of Consumers’ Willingness to Pay for Halal Logistics. British Food Journal, 123(3), 910–925.

Nasori, N., Asih, R., Baqiya, M. A., & Rubiyanto, A. (2022). Pemantauan Kesiapan Produk UMKM Jawa Timur Dalam Sertifikasi Halal Self-Declare. Sewagati, 7(2), 240–252.

Rahman, M., Moghavvemi, S., Thirumoorthi, T., & Rahman, M. K. (2020). The Impact of Tourists’ Perceptions on Halal Tourism Destination: A Structural Model Analysis. Tourism Review, 75(3), 575–594.

Ramadhan, A., & Gunanto, E. Y. A. (2021). Decision on Halal Certification of Food and Beverage Products Processed by UMKM Products in Tangerang City - Study of Religiosity, Regulation, and Branding. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2).

Ramli, M. A., Razak, M. A. A., & Jaafar, M. H. (2021). Understanding Non-Muslims’ Reluctance to Halal Food: A Systematic Review. Journal of Islamic Marketing, 14(2), 544–561.

Rido, M., & Sukmana, A. H. (2021). Urgensi Sertifikasi Halal Bagi Bisnis UMKM. Journal of Applied Business and Banking (Jabb), 2(2).

Sari, D. M., Noviarita, H., & Fasa, M. I. (2024). Strategy for Increasing Halal Products and Halal Certification of Food Products in Increasing the Competitiveness of the Indonesian Halal Industry. Reslaj Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 2471–2480.

Urumsah, D., & Puspitasari, D. A. (2021). Influence of Halal Certification on Innovation and Financial Performance. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 11(3), 650–666.

Wati, W., & Ridlwan, A. A. (2020). Persepsi Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan Tidak Bersertifikat Halal Dengan Merek Mengandung Makna Sarkasme. Jurnal Ekonomi Syariah Akuntansi Dan Perbankan (Jeskape), 4(2), 205–228.

Wibowo, M. W., Permana, D., Hanafiah, A., Ahmad, F., & Ting, H. (2020). Halal Food Credence: Do the Malaysian Non-Muslim Consumers Hesitate? Journal of Islamic Marketing, 12(8), 1405–1424.

Wulandari, O. A. D. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Sertifikasi Halal Bagi Produk UMKM Di Purbalingga. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(2), 116–121.

Yang, M., Jaafar, N., Mamun, A. A., Salameh, A. A., & Nawi, N. C. (2022). Modelling the Significance of Strategic Orientation for Competitive Advantage and Economic Sustainability: The Use of Hybrid SEM–neural Network Analysis. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 11(1).

Yang, S. (2019). Do Traditional Market Consumers Care About the Halal Meat Label? A Case Study in Taiwan. International Food and Agribusiness Management Review, 22(5), 781–794.

Downloads

Published

2025-11-16