ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN KOPERASI YANG BERPENGARUH PADA SHU DI KOPERASI SERBA USAHA AL-AMIN KECAMATAN MOJOROTO KOTA

Authors

  • Sumiati Sumiati Fakultas Ekonomi Universitas Wahidiyah Kediri

Abstract

Tujuan penelitian ini juga untuk mengetahui apa saja faktorfaktor keberhasilan koperasi yang berpengaruh pada SHU. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan lokasi penelitian yakni Koperasi Serba Usaha Wahidiyah Al-Amin Kediri. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis Analisa Regresi Berganda yang selanjutnya dilakukan Uji validitas, dan Uji Realibilitas Instrumen Penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggota tidak berpengaruh signifikan terhadap SHU, begitu pula simpanan anggota dan modal usaha juga demikian. Sedangkan volume usaha berpengaruh secara signifikan terhadap SHU. Namun berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersama partisipasi anggota, simpanan anggota, volume usaha, dan modal koperasi berpengaruh signifikan terhadap SHU.

Kata Kunci: Koperasi, Partisipasi, simpanan, volume, modal, SHU

Author Biography

  • Sumiati Sumiati, Fakultas Ekonomi Universitas Wahidiyah Kediri

    Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Timor, Kefamenanu, Indonesia

References

Ni Kadek Sumita Dewik & I Made Jember. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Di Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung. E-jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol. 5 No.7 Rahayu, Ni Made Supianti dan Ayuningsasi, A.A Ketut. 2018. PENGARUH MODAL SENDIRI DAN MODAL LUAR TERHADAP SISA HASIL USAHA MELALUI VOLUME USAHA PADA KOPERASI. Jurnal Ekonomi Pembangunan; volume 7 Nomor 7 hal. 1384-1414 Ramli dan Nur Vita Opu. 2017. Perhitungan Modal Kerja dan Volume Usaha Koperasi Politeknik Balikpapan. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan. Volume 1 nomor 1. Hal. 29-32 Suputra I Gede, Susila Gede Putu Agus Jana, dan Cipta Wayan. 2016. Pengaruh Modal Sendiri, Total Aset dan Volume Usaha Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi SImpan Pinjam. e-Journal Bisma. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4. Tahun 2016. Widiyanti, Ninik. 2012. Manajemen Koperasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Wijaya, Amin Tunggal. 2002. Akuntansi untuk Koperasi. Yogakarta: Harvarindo.

Downloads

Published

2018-10-14