Evaluasi Potensi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Bidang Pariwisata di Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kegiatan promosi pariwisata diIndonesia khususnya Pemerintah Kota Pagaralam dan melihat implementasi kegiatan promosi dengan bantuan multimedia. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pagaralam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah mix methode dengan metode studi kasus dengan menghitung rasio kemandirian daerah dan pendekatan logic model. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji Keabsahan data mengunakan teknik triangulasi dan member checking. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap kegiatan promosi pariwisata ditemukan beberapa kendala yaitu kurangnya anggaran, sumberdaya manusia ahli multimedia belum ada, dan belum memahami penggunaan multimedia seperti motion graphic untuk meningkatkan kunjungan wisata kota pagaralam.
Kata Kunci : PAD, sektor publik, motion graphic