Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan (Studi Kasus: Konsumen Produk Kahf di Malang)

Authors

  • Tri Wiyono Universitas Kadiri
  • Nur Laely Universitas Kadiri
  • Djunaedi Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.51158/w18mee31

Keywords:

Kahf, Malang, Marketing Mix, Loyalitas Konsumen, Kepuasan konsumen

Abstract

Kahf, merek perawatan pribadi untuk pria, telah berhasil menarik perhatian konsumen di Malang dan mempertahankan loyalitas konsumen melalui kualitas produk dan layanan yang baik. Namun, belum ada data mengenai pengaruh Marketing Mix terhadap loyalitas dan kepuasan konsumen pada produk Kahf di Malang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang model intervening dari pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen Produk Kahf di Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan model intervening pada variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor Marketing Mix seperti produk, harga, promosi, dan distribusi memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas dan kepuasan konsumen terhadap produk Kahf di Malang. Selain itu, kepuasan konsumen juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen terhadap produk Kahf. Perusahaan perlu mengoptimalkan faktor-faktor bauran pemasaran dan memeriksa serta memperbaiki tingkat kepuasan konsumen agar dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini memberikan pandangan baru kepada perusahaan dalam mengoptimalkan bauran pemasaran mendorong loyalitas konsumen melalui kepuasan produk, serta memberikan saran untuk meningkatkan kualitas dan inovasi produk serta memperbaiki kualitas layanan selama proses penjualan dan purna jual untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar produk di kalangan konsumen di Malang.

References

Andarini, M., & Laely, N. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Industri Makanan Di Bakorwil II Jawa Timur. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(2), 23–41. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v12i2.898

Baker, M. J. (2008). Chapter 12 - The marketing mix* *This Chapter draws extensively on Baker (2006) and Baker (2007). (M. J. Baker & S. B. T.-T. M. B. (Sixth E. Hart (eds.); pp. 247–259). Butterworth-Heinemann. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-7506-8566-5.50016-9

Diniaty, D., & Agusrinal. (2014). Perancangan Strategi Pemasaran pada Produk Anyaman Pandan ( Studi Kasus : Home Industry Saiyo Sakato Di Kenagarian Padang Laweh Kecamatan Koto Vii Kabupaten Sawahlunto Sijunjung ). Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 11(2), 175–184. https://doi.org/1693-2390

Djunaedi, D., Basrie, F. H., Lidiawan, A. R., & Vitasmoro, P. (2022). Dampak Citra Destinasi, Faktor CRM dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Loyalitas Wisatawan Gunung Kelud pada Era New Normal. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(1), 26. https://doi.org/10.31602/atd.v6i1.5801

Flick, U. (2020). Introducing Research Methodology: Thinking Your Way Through Your Research Project. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=_Em3DwAAQBAJ

Haenlein, M., Anadol, E., Farnsworth, T., Hugo, H., Hunichen, J., & Welte, D. (2020). Navigating the New Era of Influencer Marketing: How to be Successful on Instagram, TikTok, & Co. California Management Review, 63(1), 5–25. https://doi.org/10.1177/0008125620958166

Helmy Iskandar, A., Sutejo, B., Semarang, U. S., & Com, A. (2023). Analysis Of The Influence Of Celebrity Endorsement, Brand Image And Price Perception On Purchase Intention (Study On Consumers Of Kahf Products (Personal Care For Man) In Pedurungan District, Semarang City) Analisis Pengaruh Celebrity Endersment, Brand Image Dan Price Perception Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Produk Kahf (Personal Care For Man) Di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1033–1039. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Hendri Sukatjo, S. R. A. (2010). Analiosa Marketing Mix-7P(Produk, Price, Promotion, Place, partisipant, Process, dan Physical Evidence ) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mytra Ekonomi Dan Manjemen Bisnis, 1(2), 216–228.

Hermawan, H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 143–158.

Indah, I. P., Moulana, R., & Irfan, I. (2023). Segmentasi Responden Pengguna Produk Kahf berdasarkan Karakternya di Kalangan Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 8(1), 248–253. https://doi.org/10.17969/jimfp.v8i1.23448

Indrasari, L. (2017). Analisis Pengaruh Retail Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pasar Modern (Studi Kasus pada Indomaret Bandar Kediri). JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 47. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i1.71

Karundeng, T. N., Mandey, S. L., & Sumarauw, J. S. B. (2018). Analisis Saluran Distribusi Kayu (Studi Kasus Di Cv. Karya Abadi, Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1748–1757.

Komari, A., Indrasari, L. D., Pariyanto, A. Y. T., & Santoso, H. B. (2020). The Effect of Marketing Mix 4P Towards Marketing Product Performance Of Tenun Ikat Small Industry In Bandar Kediri. Proceedings of the 3rd International Conference on Social Sciences, 805–809. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201014.173

Komari, A., Laely, N., & Panjaitan, H. (2017). Marketing Performance Analysis by Customer Relationship Marketing , Market Orientation , and The Image of Islamic Banks in Kediri , East Java , Indonesia. 6(3), 1–9.

Komari, A., Sularso, A., & Sumiato. (2019). Influence of Marketing Mix against Marketing Performance Through the Orientation of the Batik Small Industry Market In East Java. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 8(04), 13.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Erlanggan Perti. https://mizanstore.com/penerbit/198_ERLANGGA

Kunto, Y. S., & Khoe, I. K. (2007). ANALISIS PASAR PELANGGAN PRIA PRODUK FACIAL WASH DI KOTA SURABAYA. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN.

Laely, N., Djunaedi, D., & Rosita, D. (2020). Pengaruh Customer Relationship Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan : Studi Konsumen McDonald ’ s Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 05(05), 2.

Media, S. (2020). Kahf Jadi Brand Personal Care Pria yang Halal, Natural, dan Tayyib. Scmedia. https://www.scmedia.id/2020/10/kahf-jadi-brand-personal-care-pria-yang-halal-natural-dan-tayyib/

Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2021). Konsep Dasar : SEM - PLS menggunakan Smart PLS (D. A. Putri (ed.); 1st ed.). Pascal Book.

Naufal, D. M., & Rahardjo, S. T. (2022). Pengaruh Pemasaran Produk Personal Care Pria Kahf Melalui Internal Dan External Social Influencer Terhadap Minat Pembelian Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 11(3), 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index

Nikmah, N. A., Setiadi, A., & Ekowati, T. (2021). The Influence of Marketing Mix on the Customer Satisfaction of Moringa Leaf Tea. SOCA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 15(3), 594–606. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/SOCA.2021.v15.i03.p12

Nurbiyanto, B., Sustiyatik, E., & Laely, N. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian dan Hubungannya Dengan Loyalitas PElanggan Pada Supermarket Xx. Risk: Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 2(1), 54–86. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/risk

Ogston, S. A., Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1991). Adequacy of Sample Size in Health Studies. Biometrics, 47(1), 347. https://doi.org/10.2307/2532527

Pangastuti, R. L. (2017). The Influence of Experiential Marketing And Service Quality For being Reasonability of Customers Loyality Forming (Case Study of Beauty Saloon of London Beauty Center “ LBC”). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 2(2), 198. https://doi.org/10.30737/ekonika.v2i2.43

Pratama, M. A., Pratama, R., & Siregar, S. (2019). The Effect of Consumer-Based Brand Equity and Satisfaction on Loyalty : An Empirical Study Pengaruh Ekuitas Merek Berbasis Konsumen dan Kepuasan terhadap Loyalitas : Sebuah Studi Empiris. Jurnal Economia, 15(02), 275–291.

Robertson, J., Botha, E., Ferreira, C., & Pitt, L. (2022). How deep is your love? The brand love-loyalty matrix in consumer-brand relationships. Journal of Business Research, 149(April), 651–662. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.05.058

Roostika, R. (2012). Destination Branding and Its Influence on Tourist’s Satisfaction and Loyalty. Journal of Technology Management, 11(1).

Ruhamak, M. D., & Rahayu, B. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2), 188–204. https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i2.14

S, R., Mus, A. R., Damis, H., & Mahmud, A. (2021). The Intervening of Purchase Decision Between Marketing Mix, Consumer Behaviour and Brand Image on Costumer Statisfaction. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(2), 382–396. https://doi.org/10.33096/jmb.v8i2.925

Sofyan dkk. (2013). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas , melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada Star Clean Car Wash Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–12.

Suhendro, D. (2019). JKBM The Influence of Marketing Mix ( 4P ) on Consumer Loyalty on Indomaret and Alfamart Mini market in Pematangsiantar City. JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN, 5(2), 206–220.

Published

2023-10-31