MEDIA PEMBELAJARAN XyMac: UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA SISWA DISKALKULIA DENGAN METODE MULTISENSORY

Authors

  • Sholehah Kartika Dewi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aisyah Firdaus Rozzaaq Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Suci Anjarwati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nita Dwi Apriliana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Jatmiko Jatmiko Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

media pembelajaran XyMac, pemahaman matematis, metode multisensory, diskalkulia

Abstract

Diskalkulia dapat dinyatakan sebagai ketidakmampuan untuk menghitung (kalkulia) atau bermasalah untuk melakukan penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang disebabkan adanya gangguan pada saraf otak yang mampu menurunkan kemampuan pemahaman matematis siswa tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran XyMac sebagai upaya meningkatkan pemahaman matematis pada siswa diskalkulia dengan metode multisensory (2) mengetahui respon pengguna media pembelajaran XyMac sebagai
upaya meningkatkan pemahaman matematis pada siswa diskalkulia dengan metode multisensory (3) mengetahui peningkatan pemahaman matematis pada siswa diskalkulia setelah menggunakan media pembelajaran XyMac dengan metode multisensory. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media pembelajaran XyMac memenuhi kriteria kelayakan yang termasuk dalam kategori baik sekali dan tidak perlu direvisi. Implementasi media pembelajaran XyMac mendapatkan respon yang sangat positif dari pengguna dan mampu meningkatkan pemahaman matematis pada siswa diskalkulia setelah menggunakan media pembelajaran XyMac dengan metode multisensory.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

MEDIA PEMBELAJARAN XyMac: UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA SISWA DISKALKULIA DENGAN METODE MULTISENSORY. (2024). JURNAL KOULUTUS, 7(2), 209-218. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/1244