MEDIA PEMBELAJARAN XyMac: UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA SISWA DISKALKULIA DENGAN METODE MULTISENSORY
Keywords:
media pembelajaran XyMac, pemahaman matematis, metode multisensory, diskalkuliaAbstract
Diskalkulia dapat dinyatakan sebagai ketidakmampuan untuk menghitung (kalkulia) atau bermasalah untuk melakukan penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang disebabkan adanya gangguan pada saraf otak yang mampu menurunkan kemampuan pemahaman matematis siswa tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran XyMac sebagai upaya meningkatkan pemahaman matematis pada siswa diskalkulia dengan metode multisensory (2) mengetahui respon pengguna media pembelajaran XyMac sebagai
upaya meningkatkan pemahaman matematis pada siswa diskalkulia dengan metode multisensory (3) mengetahui peningkatan pemahaman matematis pada siswa diskalkulia setelah menggunakan media pembelajaran XyMac dengan metode multisensory. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media pembelajaran XyMac memenuhi kriteria kelayakan yang termasuk dalam kategori baik sekali dan tidak perlu direvisi. Implementasi media pembelajaran XyMac mendapatkan respon yang sangat positif dari pengguna dan mampu meningkatkan pemahaman matematis pada siswa diskalkulia setelah menggunakan media pembelajaran XyMac dengan metode multisensory.