Analisis Usability Website Resmi Pemerintah Kota Surakarta Menggunakan Metode Heuristic Evaluation
DOI:
https://doi.org/10.51158/tecnoscienza.v6i2.736Keywords:
analisis, evaluasi website, usability, heuristic evaluation, desain visual antarmuka penggunaAbstract
Website Resmi Pemerintah Kota Surakarta merupakan portal layanan resmi milik Pemerintah Kota Surakarta sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan informasi dan layanan berbasis online yang diperlukan bagi masyarakat. Evaluasi website tersebut dilakukan oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) setiap 6 bulan dan oleh perwakilan masyarakat Kota Surakarta melalui Musyawarah Kelurahan Membangun setiap 1 tahun. Namun, hasil wawancara yang telah dilakukan kepada 3 masyarakat Kota Surakarta menunjukkan bahwa masih terdapat permasalahan usability pada website resmi Pemerintah Kota Surakarta. Untuk dapat mengidentifikasi permasalahan usability lainnya, maka penelitian ini dilakukan menggunakan metode heuristic evaluation dengan melibatkan 4 expert evaluator pada bidang user interface. Hasil evaluasi menunjukkan terdapat 21 poin permasalahan yang terdiri dari 4 poin cosmetic issue, 3 poin minor issue, 3 poin major issue, dan 11 poin usability catastrophe. Dari permasalahan yang telah ditemukan, maka dilakukan analisis dan penyusunan rekomendasi perbaikan berupa desain visual antarmuka pengguna sebagai solusi permasalahan yang telah diidentifikasi oleh expert evaluator. Rekomendasi perbaikan desain visual antarmuka yang dibuat dapat menjadi solusi 19 poin permasalahan dari 21 poin permasalahan yang telah diidentifikasi. Terdapat 2 poin permasalahan yang tidak dicantumkan dalam rekomendasi perbaikan desain antarmuka karena permasalahanpermasalahan tersebut tidak dapat disolusikan dengan dibuatnya rancangan perbaikan desain visual antarmuka pengguna.