ANALISA PERSEPSI KONSUMEN PEROKOK TERHADAP ROKOK BERKADAR NIKOTIN RENDAH GUNA PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN
Keywords:
merek, nikotin, persepsi, posisioning, target, segmenAbstract
Persepsi konsumen merupakan suatu proses dimana seseorang individu memilih, mengorganisasikan dan menafsirkan masukan-masukan informasi dengan selektif yang akan mendorong mereka untuk mengevaluasi merek yang ada. Konsumen dapat muncul dengan persepsi yang berbeda terhadap obyek rangsangan yang sama. Penelitian yang telah dilakukan ini berusaha menggambarkan susunan pasar dan produk rokok berkadar nikotin rendah yang dianalisa dengan analisa segmentasi dan analisa posisioning. Selain itu juga diberikan penafsiran dari analisa untuk penyusunan strategi pemasaran. Produk rokok bermerek tidak terkenal dianalisa dengan analisa segmentasi yaitu merek dan rasa, dimana penamaan segmen tersebut berdasarkan atribut yang menjadi prioritas utama pada tiap segmen. Pada peta persepsi yang dibentuk berdasarkan rating atribut, menunjukkan posisi tiap merek relatif terhadap merek lain. Prediksi pasar menunjukkan bahwa rokok dengan kadar nikotin rendah yaitu A Mild memiliki pangsa pasar terbesar dengaan perolehan 72%.
Kata Kunci: merek, nikotin, persepsi, posisioning, target, segmen