Perancangan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Komputer pada Siswa di SDN Mojoroto 6 Kota Kediri
Keywords:
Media Pembelajaran, Aplikasi, MultimediaAbstract
Perkembangan teknologi membawa banyak pengaruh positif di banyak bidang termasuk bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran memungkinkan proses belajar mengajar berjalan lebih efektif dengan penggunaan aplikasi atau media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan minat belajar pada anak. Oleh karena itu, setiap tenaga kependidikan dituntut mampu memanfaatkan teknologi komputer untuk menyampaikan materi ajarnya dalam bentuk alat peraga atau media pembelajaran kepada anak didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mengidentifikasi masalah, mengumpulan data dan menganalisa hasil. Sistem dirancang dengan menggunakan metode Waterfall, sedangkan animasi 2 dimensi dengan menggunakan software Adobe Flash Player. Aplikasi pembelajaran memfokuskan pada pokok bahasan pengenalan komputer mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang meliputi pembahasan pengenalan komputer, hardware, software, brainware serta terdapat tes evaluasi dan video.Hasil dari penelitian ini adalah terwujudnya Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Komputer untuk membantu kegiatan pembelajaran bagi guru di SDN Mojoroto 6 Kediri serta menumbuhkan siswa yang aktif belajar secara mandiri baik di rumah maupun di sekolah.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi, Multimedia