Sistem Informasi Penjualan di Toko Perabot Rumah Tangga Berbasis Customers Relationship Management (CRM)
Keywords:
Sistem Informasi, Penjualan, Customers Relationship ManagementAbstract
Customers Relationship Management (CRM) merupakan sebuah filosofi bisnis yang menggambarkan suatu strategi penempatan client sebagai pusat proses, aktivitas dan budaya. Konsep ini telah dikenal dan banyak diterapkan untuk meningkatkan pelayanan di perusahaan. Pengembangan sistem informasi pada penelitian ini berbasis CRM. Tujuan penelitian adalah untuk membuat sebuah aplikasi berbasis web yang nantinya digunakan sebagai sistem informasi penjualan Perabotan Rumah Tangga Sumber Makmur dengan metode yang dilakukan oleh customer/pelanggan. Metode yang digunakan adalah pengembangan dengan langkah-langkah berikut ini. (1)Tahap pertama dilakukan observasi, yaitu melakukan pengamatan langsung terhadap proses jual beli manual; (2) Mempelajari dan menganalisis proses penjualan yang sedang berjalan dan mengidentifikasi segala permasalahan yang timbul; (3) Menentukan permintaan pemakai sistem informasi, memilih solusi atau pemecahan masalah yang paling baik, setelah mempelajari dan menganalisis sistem yang sedang berjalan dan mengidentifikasi masalah; (4) Selanjutnya dipilih solusi pemecahan masalah yang baik; (5) Merancang sistem informasi baru yang belum ada pada Toko, merancang input, output database dan hal-hal lain yang dibutuhkan; dan (6) Membangun sistem informasi baru. Pengembangan ini menghasilkan Sistem Informasi Penjualan di Toko Perabot Rumah Tangga di Toko Sumber Makmur Berbasis Customers Relationship Management (CRM) menggunakan web agar pelayanan penjualan lebih efektif.
Kata kunci: Sistem Informasi, Penjualan, Customers Relationship Management