Eksperimentasi Metode Team Teaching dan Ceramah terhadap Hasil Belajar pada Materi Bangun Datar

Authors

  • Nurina Kurniasari Rahmawati STKIP Kusuma Negara
  • Muhamad Safa’udin Universitas Kahuripan Kediri
  • Yunita Setiawati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

Hasil Belajar, Team Teaching, Ceramah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah metode pembelajaran yang memberikan hasil belajar yang lebih baik antara metode pembelajaran Team Teaching dan metode Ceramah pada siswa kelas VII materi bangun datar. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasy experiment) dan menggunakan dua metode pembelajaran yang berbeda pada masing-masing sampel. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Pada uji normalitas diperoleh hasil bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Kemudian pada uji homogenitas diperoleh hasil bahwa variansi kedua sampel homogen. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nila thitung = 3,11 > ttabel=2,0021 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Team Teching memberikan hasil belajar matematika siswa yang lebih baik dari metode ceramah pada materi bangun datar di kelas VII SMPN 2 Serang BaruBekasi.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Team Teaching, Ceramah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Nurina Kurniasari Rahmawati, STKIP Kusuma Negara

    Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Kusuma Negara, Jakarta Timur

  • Muhamad Safa’udin, Universitas Kahuripan Kediri

    Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Kahuripan Kediri

  • Yunita Setiawati, STKIP Kusuma Negara

    Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Kusuma Negara, Jakarta Timur

Downloads

Published

2018-10-02