Penerapan Belt of Business Ocassion pada Income Pelaku Usaha Kuliner Trendy di Kediri

Authors

  • Dwi Apriyanti Kumalasari Universitas Kahuripan Kediri
  • Novi Dwi Priambodo Universitas Kahuripan Kediri
  • Imam Suhaimi Universitas Kahuripan Kediri

Abstract

Abstrak

Bisnis kuliner berbasis pertanian merupakan bisnis yang menjajikan dan menghasilkan income setiap harinya. Beberapa produsen produk kuliner trendi masih sederhana dalam menjalankan bisnis. Hasil yang mereka dapatkan kurang optimal akibat minimnya kreativitas, inovasi, pengalaman usaha  hingga pemilihan komoditas yang kurang tepat Belt of business occasion upaya peningkatan income kuliner trendy di Kediri. Tujuan penelitian (1) Mengetahui Penerapan Belt of Business Ocassion Produk Kuliner Trendi pada Income Pelaku Usaha Kuliner di Kediri; (2) Mengetahui dampak Penerapan Belt of Business Ocassion Produk Kuliner Trendi pada Income Pelaku Usaha Kuliner di Kediri. Penelitian yakni (field research) dengan mixed methods, subjek penelitian ini adalah produsen kuliner produk trendi Kediri yang memenuhi kriteria sebagai mitra Universitas Kahuripan Kediri. Instrumen penilaian mulai waktu usaha beroperasi, penjualan hingga pemilihan komoditas. Pengukuran menggunakan lembar kuesioner dan lembar kegiatan penilaian. Hasil penelitian didapatkan bahwa penerapan Belt of business occasion padakuliner di Kediri dengan sistem pemberian wawasan dan pelatihan dengan menggunakan 26 indikator khusus, divalidasi oleh validator dengan skor rata-rata 4,0 dengan presentase 80% dengan kategori baik. Dampak Penerapan Belt of business occasion diaplikasikan pada usaha kuliner pilihan menghasilkan income dari 400.000 rupiah/hari menjadi 515.000/hari.

Kata Kunci: Kuliner trendy; Belt of business occasion.

References

Andriani, Maria Resti. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/190/
Ekowati, D.V. 2012. Pertanian Berkelanjutan untuk mengoptimalkan Sumberdaya Pertanian Indonesia. http://blog.ub.ac.id/delviviolita/files/2012/07/di-sini.pdf
Ermalisa. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Telepon Seluler Di Kota Meulaboh. Skripsi Universitas Teuku Umar Meulaboh - Aceh Barat. https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrwBpUS.2Bf7MoAAgb3RQx.;_ylu=Y29sbwMEcG9zAzIEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1600220051/RO=10/RU=http%3a%2f%2frepository.utu.ac.id%2f185%2f1%2fBAB%2520I_V.pdf/RK=2/RS=XYZdc2Sz.uBji5RfzngweTyFsis-
George R. Terry, Dr. Winardi, SE, 2010. Asas-asas Manajemen :Bandung James A.F. Stoner, Management, edisi kedua, Prentice/Hall
Gumbira S. dan A. Harizt Intan, 2014. Manajemen Agribisnis. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.
Gumelar T., Rika Astuti , Ani Trio Sunarni. 2017. SISTEM PENJUALAN ONLINE DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING. https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awrxgq9RgqJf5AsAsyH3RQx.;_ylu=Y29sbwMEcG9zAzQEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1604514513/RO=10/RU=https%3a%2f%2fjournal.budiluhur.ac.id%2findex.php%2ftelematika%2farticle%2fdownload%2f531%2fpdf_13/RK=2/RS=z4o82dUF6PCmOEXvJxg64nSx7wE-
Kadarsan, H.W., 2009. Keuangan Pertanian dan Pembiayaan Agribisnis.Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Kolter, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks
Kumalasari, D.A. 2019. Analisis Kelayakan Bisnis Ayam Bakar Dengan Sayuran Segar Di Ayam Bakar Kediri Halalan Toyyiban. Jurnal Agriovet, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 43 - 52, jan. 2020. ISSN 2654-4792. Available at: <http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/agriovet/article/view/298>. Date accessed: 04 nov. 2020.
KUMALASARI, D.A; HANANI, N; PURNOMO, M. Skenario Kebijakan Swasembada Beras Di Indonesia. HABITAT, [S.l.], v. 24, n. 1, p. pp.44-58, june 2013. ISSN 2338-2007. Available at: <https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/100>. Date accessed: 04 nov. 2020.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta:Universitas Indonesia Press
Mulyana, M. (2019, June 12). Menganalisis Perilaku Konsumen. https://doi.org/10.31227/osf.io/2wj34
Padmowati, R.D.L.E. 2012. Analisis Teknik Indeks Konsistensi Harmonik pada Metode Analitycal Hierarchy Process. http://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/2780/LPD_Rosa%20DeLima_Analisis%20teknik%20indeks-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y
PRIHANDANI D. 2019. Sistem Rekomendasi Pemilihan Tempat Wisata Dan Kuliner di Kabupaten dan Kota Kediri . http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2019/14.1.03.02.0060.pdf
Ratminto, dan Atik. 2010. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Gramedia
Saragih, Rintan. 2017. A Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial.
Siagian, R., 2012. Pengantar Manajemen Agribisnis. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Sigit, S., 2011. Pengantar Bisnis Praktis. Yayasan Pendidikan Gama. Yogyakarta.
Solihin, I. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta : Erlangga
Wikipedia. 2018. Siklus Produk. Http://www.wikipedia.org/siklus_produk

Downloads

Published

2020-11-09