Implementasi Quadruple Helix Untuk Membentuk Creative Enterprenuer Network Bagi Umkm Olahan Tahu Di Kabupaten Kediri
Abstract
Abstrak
Jumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Jatim berkembang besar Selama kurun waktu 2006-2016. Quadruple Helix merupakan salah satu pilar utama mendorong tumbuhnya UMKM dan menjadi salah program trobosan baru untuk UMKM guna meninggkatkan kualitas produk dan SDM.
Tujuan Penelitian untuk mengidentifikasi kendala tumbuh kembang, potensi, serta peranan UMKM yang berbasis olahan tahu dalam mendukung perekonomian Kabupaten Kediri berdasarkan konsep Quadruple Helix dan Enterprenuer Network
Metode Penelitian Data data primer dan data sekunder.Data primer diperoleh melalui wawancara pelaku UMKM olahan tahu dan dinas (SKPD) yakni Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Data sekunder diperoleh sumber literatur dan hasil penelitian terkait dengan topik penelitian ini.
Hasil Penelitian di kecamatan Banyakan dan kecamanatan Grogol yaitu belum ada pendampingan dari pemerintah dan universitas untuk membantu UMKM dalam meningkatkat inovasi produk olahan tahu, promosi hampir tidak ada baik secara offline (pameran) ataupun Online
Kesimpulan implementasi quaduple helix untuk membentuk creative enterprener network bagi UMKM tahu dan olahan tahu belum terlaksana karena belum terjadi kerjasama yang baik.
Kata kunci : Quadruple Helix, Enterprenuer Network, olahan tahu, UMKM
References
Lukman Hakim, 2019, 62 Persen UMKM Di Jatim Bergerak di Sektor Pertanian, https://jatim.sindonews.com/read/8912/1/62-persen-umkm-di-jatim-bergerak-di-sektor-pertanian, 26 Maret 2019, diakses 13 Agustus 2019.
https://www.timesindonesia.co.id/read/205938/20190319/125713/gerakkan-perekonomian-kota-kediri-gelar-ekonomi-kreatif-dan-eksotika-budaya-2019/
Setyanti Hana, 2017, Peran Quadruple Helix Untuk Meningkatkan Kreatifitas Dan Kinerja Inovasi Industri Kreatif Indonesia, Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis ke-3, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.
Mulyana, Sutapa, 2014, Peningkatan Kapabilitas Inovasi, Keunggulan Bersaing dan Kinerja melalui Pendekatan Quadruple Helix : Studi Pada Industri Kreatif Sektor Fashion, Jurnal Manajemen Teknologi, Vo. 13, No. 3.
Porlezza, C dan Colapinto, C, 2012, Innovation in Creative Industries: From The Quadruple Helix Model to The System Theory, Journal of the Knowledge Economy, Vol 3 (4).
Azis, Yudi, Darun, Mohd Ridzuan, Dwi kartini, Merita Benik & Budi Harsanto, 2017, A Model of managing Innovation of SMEs in Indonesia Creative Industries, Inetrnational Journal of Business Society, vol. 18.
Hudani, Hafiz & Dhewanto Wawan, 2015, Quadruple Helix Mapping Collaboration for Fashion Small Medium Development in Bandung, Journal of Business and Management, Vol. 4, No. 3.
Oscar. A., S. Monterino., & M. Thomshon, 2010, A Growth Model for the Quadruple Helix Innovation Theory, Journal of Business Economics and Management, 13(4).
Carayannis, EG and Campbell D.F.J, 2006, Knowledge Creation, Diffusion and Use in Innovation Network and Knowledge cluster : A Comparative System Approach Across the United State, Europe and Asia, Preager.
Praswati, Aflit Nuryulia, 2017, Perkembangan Model Helix Dalam Peningkatan Inovasi, Prosiding Seminar Nasional Riset dan Manajemen Bisnis ―Perkembangan Konsep dan Riset E-Business di Indonesia‖, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ranga, M. and H. Etzkowitz, 2013, Triple Helix Systems: An Analytical Framework for Innovation Policy and Practice in the Knowledge Society, Industry and Higher Education 27 (4): 237-262, Special Issue ―Innovation policy as a concept for developing economies: renewed perspectives on the Triple Helix system.
Etzkowitz, H, 2008, Triple Helix Innovation: Industry, University, and Government in Action, London and New York: Routledge.
Tulhusnah dan Puryantoro, 2018, Peningkatan Potensi Pangan Fungsional Ampas Tahu Menjadi Olahan Bergizi pada UMKM Tahu dan Tempe, Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018), 12 September 2018, Universitas Widyagama Malang
www.tribunnews.com/bisnis/2016, Arie Rui Hamzah: JAPNAS Dukung Pengusaha Muda Masuki Era Ekonomi Kreatif, https://www.tribunnews.com /bisnis/2016/08/06/arie-rui-hamzah-japnas-dukung-pengusaha-muda-masuki-era-ekonomi-kreatif.
Galkina Tamara, 2013, Entrepreneurial Networking : Intended and Unintended Processes, Hanken School of Economics, Department of Management and Organization, Helsinki.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Kediri, Kabupaten Kediri dalam Angka 2018