Strategi Koperasi Dalam Mengembangkan Usaha (Studi Kasus Di Koperasi Serba Usaha Al- Hikmah Talun Blitar)

Authors

  • Petty Arisanti Universitas Kahuripan Kediri

Abstract

Abstrak

Koperasi adalah satu badan usaha dalam pereknomian Indonesia,yang merupakan wadah kerjasama yang dibentuk dari, oleh dan untuk anggota. Koperasi terdiri dari orang-orang yag memiliki kepentingan yang sama. Sebagai suatu bentuk badan usaha, koperasi memperjuangkan pemenuhan kebutuhan ekonomi para anggotanya secara efisien.sedangkan sebagai sekumpulan orang-orang koperasi memiliki watak sosial. Hal inilah yang membedakan badan usaha koperasi dengan badan usaha lainnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, koperasi harus dikelola dengan baik dan benar dan dalam pengelolaan koperasi  tersebuttentunya memilikisuatu strategi tertentu guna mewujudkan apa yang telah menjadi tujuan dari berdirinya koperasi.  Fokus penelitian yang diambil bagaimana penerapaan strategi pengembangan usaha Koperasi Serba Usaha Al-Hikmah Talun Blitar). Tujuan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pengembangan usaha koperasi Serba Usaha Al-Hikmah Talun Blitar). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa koperasi Serba Usaha Al-Hikmah Talun Blitar) merupakan sebuah koperasi  yang dalam perkembangannya mengalami kemajuan yang cukup sehat. Kinerja unit usaha koperasi Serba Usaha Al-Hikmah Talun Blitar juga mengalami kemajuan yang cukup signifikan.hal ini bisa dilihat dari kinerja keuangan dari dua produk koperasi Serba Usaha Al-Hikmah Talun Blitar,yaitu produk simpanan dan produk pembiayaan yang banyak mendapat perhatian dari masyarakat. Melihatdari strategi yang dijalankan Koperasi Serba Usaha Al-Hikmah Talun Blitar, strategi yang digunakan dalam mengembangkan usahanya cenderung pada jenis strategi pertumbuhan intensif.

Kata Kunci : Strategi, Koperasi

Downloads

Published

2019-04-26