MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN FOCUS GROUP DISCUSSION DI UPTD SDN DEMANGAN 2 BANGKALAN
Keywords:
Supervisi Akademik, Forum Group Discussion, Mind MappingAbstract
Berdasar hasil pengamatan kepala sekolah kebanyakan guru dalam melaksanakan
pembelajaran secara tradisional atau pembelajaran yang berorientasi ada aktivitas
guru, sedangkan siswa cenderung sebagai pencatat dan penghafal materi. Oleh
sebab itu, dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran yang membuat siswa aktif di
dalam pembelajaran seperti mind mapping. Siswa dapat dapat menghafal dan
mengingat banyak materi secara menyenangkan melalui model pembelajaran
mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk tahu bagaimana guru menerapkan
model pembelajaran mind mapping setelah dilakukan supervise akademik melalui
pendekatan Focus Group Discussion di UPTD SDN Demangan 2 Kec. Bangkalan
Kab. Bangkalan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action
research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu:
rancangan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini atau
yang menjadi subyek penelitian adalah 10 orang guru di UPTD SDN Demangan
2, Kec. Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2022/2023. Dari hasil
analisis didapatkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran
dengan pendekatan mind mapping ada peningkatan dari siklus I sampai siklus III
baik dalam pembuatan RPP maupun dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
Perkembangan tersebut yakni, siklus I dalam penyusunan RPP 40% berhasil
sedangkan dalam pelaksanaan pembelajarannya 30% berhasil , siklus II dalam
RPP 60% berhasil dan pelaksanaan pembelajaran 70% berhasil, dan siklus III
baik dalam penyusunan RPP maupun dalam pelaksanaan pembelajaran mencapai
keberhasilan 100%. Hasil penelitian ini menghaslkan kesimpulan bahwa
kemampuan guru meningkt khususnya dalam penerapan model pembelajaran Mind
Mapping dengan pendekatan Focus Group Discussion di UPTD SDN Demangan
2, Kec. Bangkalan Kab. Bangkalan Tahun Pelajaran 2022/2023 sehingg model
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di
Sekolah Dasar.