MEMECAHKAN PERMASALAHAN AKADEMIK SISWA MENGUNAKAN TEKNIK HOMEWORK ASSIGNMENT OLEH GURU BK SMP NEGERI 3 PANGGUL

Authors

  • Nur Racmadyana SMP Negeri 3 Panggul Trenggalek

Keywords:

Permasalahan Akademik, Home Assignment, SMP Negeri 3 Panggul

Abstract

Penelitian ini diselenggarakan di SMP Negeri 3 Panggul Trengalek. SMP ini
adalah sebuah SMP yang terletak di kota kecil dengan karakteristik siswa kota
kecil pada umumnya. Berdasarkan observasi peneliti, karakteristik siswa di SMP
Negeri 3 Panggul adalah berikut: 1) Siswa yang mempunyai masalah, lebih
senang menceritakan permasalahan yang sedang dihadapi jika ada teman yang
menemani, 2) Sebagian besar beranggapan bahwa menceritakan masalah adalah
hal yang kuranh baik, 3) Permasalahan dominan yang dihadapi oleh siswa adalah
permasalahan akademik. 4) Sebagian siswa merasa bahwa mereka kesulitan dalam
memahami materi pembelajaran Penelitian ini mengunakan desain deskriptif
kualitatif. Metode ini dipilih karena dapat mengambarkan bagaimana guru BK
di SMP Negeri 3 Panggul Trengalek menerapkan teknik homework assignment
dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi oleh siswa. Populasi
dari penelitian ini adalah semua hal yang berhubungan dengan penerapan teknik
home assignment yang diterapkan oleh guru BK SMP Negeri 3 Panggul seperti
daftar siswa yang menjadi obyek home assignments, jenis – jenis home assignment
yang telah digunakan oleh guru BK, laporan pengangganan dan evaluasi selama
rentang waktu Juli - Oktober 2022 Data mentah yang dikumpulkan terlebih dahulu
diperiksa secara terorganisir oleh peneliti. Data tersebut kemudian dianalisis
menggunakan Statistik deskriptif. (Frekuensi dan persentase) Data disajikan dalam
tabel dan dinarasikan secara kualitatif Secara umum pemberian home assignment

ini berjalan dengan efektif sesuai tujuan yang dicanangkan oleh guru BK. Dari
toal 63 permasalahan dalam rentang waktu juli - oktober 2022 yang diselesaikan
dengan home assignment terdapat hanya 4 siswa yang tidak menuntasakn sesuai
dengan deadlaine yang diberikan oleh guru BK. Akan tetapi dengan deadline
tambahan, para siswa tersebut dapat menuntaskan dengan baik. catatan dari
teknik ini adalah perlu adanya kolaborasi yang baik antara guru mata pelajaran
dan guru BK dalam memutuskan jenis home assignment. Dilihat dari prosentasi
ketuntasan yaitu (80%), maka teknik penyelesaian permasalahn akademik dengan
mengunakan home assignment dapat dikatakan berhasil. Home assignment yang
diberikan oleh guru BK di SMP Negeri 3 Panggul adalah jenis home assignment
yang bertujuan melibatkan orang tua siswa dalam pengawasan siswa secara
akademik. Dari hasil yang didapat, teknik penyelesaian permasalahan akademik
yang diterapkan oleh guru BK di SMP Negeri 3 Pangguldapat dikategorikan
berhasil.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

MEMECAHKAN PERMASALAHAN AKADEMIK SISWA MENGUNAKAN TEKNIK HOMEWORK ASSIGNMENT OLEH GURU BK SMP NEGERI 3 PANGGUL. (2022). JURNAL KOULUTUS, 5(2), 92-102. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/904