FAKTOR PENGHAMBAT EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PJOK PADA MASA PANDEMI COVID 19 di SMK BHAKTI WIYATA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i2.645Keywords:
efektifitas, pembelajaran, daring pjokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang faktor penghambat efektifitas pembelajaran daring PJOK pada masa pendemi Covid 19 di SMK BHAKTI WIYATA KEDIRI. Pada metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan metode survey secara online. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket (kuisioner). Dimana angket yang diisi oleh siswa mengunakan Google form akan diolah data tersebut untuk mengetahui hasil efektifitas pembelajaran Daring PJOK dimasa pandemi. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkanpenelitian dan hasil pembahasan tingkat keefektifan pembelajaran Daring PJOK pada siswa SMK Bhakti Wiyata Kediri di masa pandemic Covid-19 kurang efektif karena siswa kurang merespon sehingga siswa tidak memahami materi yang telah diajarkan melalui video conference. Sebenarnya rendahnya tingkat keefektifan pembelajaran Daring ini bukan sepenuhnya terletak pada pengajar atau materi yang disampaikan, melainkan dari faktor jaringan yang digunakan saat pembelajaran Daring PJOK
Abstract
This study aims to find out about the factors that inhibit the effectiveness of Physical Education Sports and Recreation (PJOK) online learning during the Covid 19 pandemic at BHAKTI WIYATA SMK KEDIRI. The research method used in this research is descriptive qualitative with online survey method. The data collection technique in this research was the distribution of questionnaires (questionnaires). Where the questionnaire filled out by students using Google forms then processed the data to find out the obstacle factros of the effectiveness of PJOK Online learning during the pandemic. Data were analyzed using descriptive statistics. Based on research and the results of the discussion on the effectiveness of online learning PJOK for students at SMK Bhakti Wiyata Kediri during the Covid-19 pandemic, it was less effective because students did not respond so students did not understand the material that had been taught via video conference. Actually, the low level of effectiveness of online learning does not entirely lie in the teacher or the material delivered, but from the network factor used during PJOK online learning.