UJI KELAYAKAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MITIGASI BENCANA GEMPABUMI

Authors

  • Aditya Yoga Purnama universitas sarjanawiyata taman siswa
  • Hidayati Hidayati universitas sarjanawiyata taman siswa
  • Dhimas Nur Setyawan universitas sarjanawiyata taman siswa

DOI:

https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i2.620

Keywords:

Bahan ajar, E-modul, Mitigasi, Gempa Bumi

Abstract

Kondisi geografis Indonesia memungkinkan banyaknya kejadian bencana alam namun dapat diminimalisir dampaknya. Integrasi pendidikan dengan bencana gempabumi dapat menggunakan bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah E-modul. E-modul menggabungkan antara ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga cara mengajar menjadi lebih menarik, menyenangkan dan inovatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat E-Modul Fisika Berbasis Mitigasi Bencana Gempabumi Pada Matakuliah Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang berpedoman pada langkah-langkah Borg and Gall. Tahapan penelitian yaitu: (1) studi pendahuluan, eksplorasi, (2) perancangan produk, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji terbatas dan revisi, (4) uji terbatas dan revisi, (5) produk revisi akhir. Pada penelitian ini tidak sampai pada tahap field testing dan dissemination and implementations. Menurut penilaian ahli materi, ahli media dan pengguna yaitu mahasiswa pendidikan fisika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, skor masing-masing penilaian yaitu 81,56% dari ahli materi, 100% dari ahli media dan sebesar 88% dari pengguna. E-modul fisika berbasis mitigasi bencana gempa bumi dapat dikategorikan sangat baik digunakan dalam pembelajaran khususnya pada mata kuliah Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa.

Abstract

Indonesia's geographical conditions allow for many natural disasters but their impact can be minimized. Integration of education with earthquake disasters can use teaching materials. One of the teaching materials that can be used is the E-module. E-module combines science and technology so that teaching methods become more interesting, fun and innovative. This study aims to create an E-Module in Physics Based on Earthquake Disaster Mitigation in the Earth and Space Sciences Course. The research method used in this research is Research and Development which is guided by the steps of Borg and Gall. The research stages are: (1) preliminary study, exploration, (2) product design, (3) expert validation and revision, (4) limited test and revision, (4) limited test and revision, (5) final revised product. This research did not reach the stage of field testing and dissemination and implementations. According to the assessment of material experts, media experts and users, namely physics education students at Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta University, the scores for each assessment were 81.56% from material experts, 100% from media experts and 88% from users. E-module physics based on earthquake disaster mitigation can be categorized as very good for use in learning, especially in Earth and Space Science courses.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Aditya Yoga Purnama, universitas sarjanawiyata taman siswa

    Prodi pendidikan fisika, universitas sarjanawiyata taman siswa

  • Hidayati Hidayati, universitas sarjanawiyata taman siswa

    Prodi pendidikan fisika, universitas sarjanawiyata taman siswa

  • Dhimas Nur Setyawan, universitas sarjanawiyata taman siswa

    Prodi pendidikan fisika, universitas sarjanawiyata taman siswa

Downloads

Published

2021-09-17

How to Cite

UJI KELAYAKAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MITIGASI BENCANA GEMPABUMI. (2021). JURNAL KOULUTUS, 4(2), 129-139. https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i2.620