PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK PADA SEKOLAH DASAR BERBASIS SIMULASI PHET

Authors

  • Alfons Bunga Naen Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i1.564

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Simulasi PhET, Validitas, Hasil Belajar, Aktivitas

Abstract

Perangkat pembelajaran harus dirancang berorientasi dan berpusat pada siswa (student oriented). Salah satu aplikasi laboratorium virtual adalah simulasi Physics Education Technology (PhET). Dalam penelitian ini, dikembangkan perangkat pembelajaran Rangkaian Listrik berbasis Simulasi PhET dan dianalisis validitas perangkat, dan hasil uji coba perangkat berupa peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah.1. Perangkat Pembelajaran Rangkaian Listrik Pada Sekolah Dasar Berbasis Simulasi PhET memiliki kelayakan yang baik dari segi validitasisi. Hasil analisis koefisien validasi untuk semua aspek adalah> 0,5, termasuk dalam kriteria valid. 2. Perangkat Pembelajaran Rangkaian Listrik Pada Sekolah Dasar Berbasis Simulasi PhET berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar tergolong pada criteria sedang.

3. Perangkat Pembelajaran Rangkaian Listrik Pada Sekolah Dasar Berbasis Simulasi PhET berdampak pada peningkatan aktivitas peserta didik. Aktifitas belajar peserta didik pada aspek mengamati, menggambar dan merangkai dalam pembelajaran rangkaian Listrik termasuk dalam kategori sangat aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-24

How to Cite

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK PADA SEKOLAH DASAR BERBASIS SIMULASI PHET. (2021). JURNAL KOULUTUS, 4(1), 82-92. https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i1.564