Mengembangkan Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Kongkrit Untuk Siswa Kelas 1 SD Dalam Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan
DOI:
https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i1.535Abstract
Mengajar matematika pada siswa kelas 1 SD merupakan sebuah kesempatan untuk menanamkan sebuah sudut pandang pada siswa bahwa matematika adalah sebuah mata pelajaran yang menyenangkan. Untuk tujuan ini guru harus dapat menyusun sebuah proses pembelajaran yang dapat membuat siswa menyukai matematika. Salah satu pilihan yang dapat digunakan adalah dengan media kongkrit seperti benda – benda yang ada di sekitar siswa. Pada penelitian ini, peneliti mengunakan media biji jagung untuk mengajar materi nilai tempat. Untuk tujuan melihat efektifitas proses pembelajaran tersebut, maka peneliti melakukan sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2 siklus pada 15 siswa kelas 1 SDN Tanjuntani 3 Prambon Nganjuk. Hasil pre-tests menunjukkan bahwa 4 nilai siswa memenuhi KKM 11 siswa tidak memenuhi KKM. Hasil siklus 2 menunjukan bahwa 11 siswa memenuhi KKM dengan meningkatnya rata – rata nilai. Dan pada siklus 2 terdapat 13 siswa memenuhi KKM yang diikuti juga dengan meningkatnya rata – rata nilai.
Kata Kunci: Matematika Kelas 1, Nilai Tempat, Penelitian Tindakan Kelas